News Update

Nilai Tukar Rupiah Masih Berpotensi Menguat Seharian

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada hari ini (28/9) dibuka pada posisi Rp14.875/US$, angka tersebut melemah 0,02% bila dibandingkan dengan penutupan perdagangan Jumat (25/9) di level Rp14.872/US$.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra menjelaskan, meski dibuka melemah, namun nilai tukar diprediksi masih akan dapat sentimen positif. Hal tersebut terlihat dalam pergerakan aset berisiko di pasar Asia pagi ini dengan indeks saham Asia mengalami penguatan dan nilai tukar regional juga menguat terhadap dolar AS.

“Sentimen positif didorong oleh data positif dari Tiongkok yang rilis di hari Minggu. Data profit industri Tiongkok mengalami pertumbuhan 19,1% di bulan Agustus,” kata Ariston di Jakarta, Senin 28 September 2020.

Arisron menilai, industri Tiongkok tercatat selalu mengalami pertumbuhan profit sejak bulan Mei setelah pandemi berakhir di Tiongkok yang menunjukkan pemulihan ekonomi di negara tersebut.

Di sisi lain, pasar masih mewaspadai perkembangan pandemi yang masih terus menaik di Indonesia yang bisa mendorong pemerintah untuk menerapkan lockdown kembali sehingga bisa memperlambat pemulihan ekonomi dan menekan kembali aset berisiko.

“Hari ini, Rupiah bisa ikut terdorong menguat mengikuti sentimen positif tadi dengan potensi kisaran di Rp14.750/US$ hingga Rp14.850/US$,” tukas Ariston.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (28/9) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.959/US$ terlihat melemah dari posisi Rp14.951/US$ pada perdagangan Jumat  kemarin (25/9). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

AAUI Ungkap Peluang Usaha Menjanjikan di Era Prabowo-Gibran, Ini Daftarnya

Jakarta - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memproyeksikan sejumlah peluang usaha asuransi umum yang memiliki… Read More

2 hours ago

HBAP Kantongi Pinjaman Rp19,24 Trliun dari Bank Mandiri, untuk Apa?

Jakarta - Dalam mendukung pemerataan dan pemenuhan kebutuhan listrik nasional, Bank Mandiri jalin kemitraan strategis… Read More

2 hours ago

United Tractors (UNTR) Mau Bagikan Dividen Interim Rp2,42 Triliun, Simak Jadwalnya

Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) sebagai emiten distributor alat berat mengumumkan akan melakukan… Read More

2 hours ago

Viral, Sejumlah Kadin Provinsi Serempak Bikin Konten Tolak Munaslub

Jakarta – Perseteruan di tubuh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia semakin memanas. Setelah Musyawarah… Read More

3 hours ago

Soal Modal Asuransi Naik di 2026, Ketua AAUI Wanti-wanti Hal Ini

Jakarta - Industri asuransi umum diwajibkan menaikkan ekuitas atau modal minimum pada 2026 mendatang. Hal… Read More

3 hours ago

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan Demi Menjaga Stabilitas Sistem Perbankan

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa tengah menyampaikan keterangansaat konferensi pers terkait penetapan Tingkat… Read More

3 hours ago