Pasar Modal

Nilai Transaksi Harian Belum Capai Target, Begini Upaya BEI

Jakarta – Pada perdagangan Senin kemarin (19/6) rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) Bursa Efek Indonesia (BEI) tercatat sebesar Rp10,46 triliun, angka tersebut masih lebih kecil dibandingkan dengan target RNTH sebesar Rp14,75 triliun di tahun ini.

Melihat hal itu, Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik menyatakan bahwa BEI terus berupaya untuk meningkatkan jumlah investor, salah satunya melalui pencanangan program literasi dan inklusi pasar modal, serta peresmian 12 galeri investasi BEI di Jawa Timur.

“Peresmian 12 galeri investasi BEI dan pencanangan literasi dan inklusi kepada beberapa kelompok masyarakat di Jawa Timur untuk 8.000 investor baru,” ucap Jeffrey kepada media dikutip, 20 Juni 2023.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa, kegiatan tersebut menjadi kegiatan rutin yang dilakukan BEI, setelah sebelumnya telah dilakukan untuk kelompok guru di Papua dan Kalimantan Barat, desa adat dan pacalang Bali, PNS di Bengkulu, serta komunitas lain di seluruh Indonesia.

“Melalui Program Literasi yang dilakukan, diharapkan masyarakat Provinsi Jawa Timur lebih mengenal dan memanfaatkan pasar modal untuk meningkatkan kesejahteraan serta ketahanan ekonomi di daerahnya,” imbuhnya.

Selain itu, menurut Jeffrey, edukasi tersebut juga menjadi bentuk komitmen BEI untuk memerangi investasi ilegal atau bodong, dan modus-modus penipuan investasi lainnya yang sangat marak terjadi belakangan ini.

“Tujuannya adalah meningkatkan literasi dan inklusi investor baik konvensional maupun syariah, kegiatan-kegiatan ini dilakukan bersama SRO, OJK, Anggota Bursa, Bank Penyelenggara RDN, Perguruan Tinggi, Pemerintah, serta seluruh stakeholder,” ujar Jeffrey.

Adapun, BEI berharap masyarakat dapat lebih mengenal dan memanfaatkan pasar modal untuk meningkatkan kesejahteraan serta ketahanan ekonomi masyarakat. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

12 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

12 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

13 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

15 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

16 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

17 hours ago