News Update

Nilai Akusisi Rabobank oleh BCA Sentuh Rp500 Miliar

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyampaikan adanya pembengkakan nilai dalam rencana akusisi 99,99% saham PT Bank Rabobank International Indonesia yang diperikan senilai Rp397 miliar menjadi Rp500 miliar.

Hal tersebut diungkap manajemen BCA melalui Ringkasan Rancangan Akuisisi, yang diunggah dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam keterangan yang diterima infobanknews, dijelaskan bahwa nilai akhir aksi korporasi yang disepakati, akan mengacu kepada nilai ekuitas Rabobank yang disesuaikan pada saat pelaksanaan akuisisi.

Tercatat untuk nilai akuisisi final akan mengacu kepada nilai ekuitas Rabobank yang telah disesuaikan (adjusted equity) lalu ditambah premium yang bersifat tetap sebesar US$20,5 juta.

“Sehingga saat ini, estimasi total nilai akuisisi adalah Rp500 miliar. Nilai Rp 500 miliar ini adalah nilai keseluruhan, sudah termasuk premium US$20,5 juta,” kata Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn kepada media, Selasa 9 Juni 2020.

Adapun aksi akuisisi BCA kepada Rabobank akan dilakukan dengan mebeli 99,99% saham atau sebanyak 3,72 juta saham Rabobank. Namun BCA menyisakan 1 persen sianya akan diambil oleh entitas anak perseroan yaitu PT BCA Finance.

Ke depan tercatat pada 31 Juli 2020 mendatang BCA juga akan menggelar RUPSLB untuk meminta persetujuan dari pemegang saham terkait aksi akuisisi ini, dan sebelum diproses oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

United Tractors (UNTR) Mau Bagikan Dividen Interim Rp2,42 Triliun, Simak Jadwalnya

Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) sebagai emiten distributor alat berat mengumumkan akan melakukan… Read More

13 mins ago

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan Demi Menjaga Stabilitas Sistem Perbankan

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa tengah menyampaikan keterangansaat konferensi pers terkait penetapan Tingkat… Read More

1 hour ago

AAUI Ungkap Peluang Usaha Menjanjikan di Era Prabowo-Gibran, Ini Daftarnya

Jakarta - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memproyeksikan sejumlah peluang usaha asuransi umum yang memiliki… Read More

2 hours ago

Naik 9,4 Persen, Laba Bersih Sarana Menara Nusantara jadi Rp1,60 Triliun di Semester I 2024

Jakarta - PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) mencatatkan laba bersih Rp1,60 triliun di semester… Read More

3 hours ago

Program 3 Juta Rumah Prabowo, SMF Rekomendasikan Intervensi Khusus

Lampung - Program 3 juta rumah yang digaungkan presiden terpilih Prabowo Subianto terbilang ambisius. Untuk… Read More

4 hours ago

LPS Tahan Tingkat Bunga Pinjaman di Level 4,25 Persen, Ini Alasannya

Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali memutuskan mempetahankan tingkat bunga penjaminan simpanan bank umum… Read More

4 hours ago