Internasional

Ngeri! PBB Sebut Potensi Konflik Perpecahan Dunia Semakin Meningkat

Jakarta – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kembali mengingatkan akan terjadinya potensi konflik perpecahan yang belakangan melanda negara di dunia.

“Semakin meningkatnya perpecahan dan ketegangan dengan semakin terkikisnya kepercayaan, secara bersama-sama akan meningkatkan fragmentasi, konfrontasi dan krisis dunia,” kata Guterres saat pembukaan KTT G20 di New Delhi, (9/9).

Baca juga: PBB Ungkap Dunia Butuh Dana Segini per Tahun untuk Pembangunan Berkelanjutan

Sebelumya, dirinya juga menyampaikan hal yang sama dalam KTT ASEAN di Jakarta beberapa waktu lalu. Menurutnya, dunia tengah berada dalam momen transisi sulit, di mana masa depan bersifat multipolar, sementara lembaga-lembaga multilateral mencerminkan masa lalu.

“Itu lah sebabnya, mengapa saya datang ke New Delhi, karena kita tidak bisa terus menerus seperti ini,” tegasnya.

Guterres menyoroti terjadinya konflik perpecahan Myanmar, krisis di Laut China Selatan hingga krisis iklim. Ia menyambut baik pendekatan berkelanjutan ASEAN, terutama dalam menerapkan lima poin konsensus.

“Saya menyambut baik pendekatan ASEAN terhadap lima poin konsensus, dan saya mendesak semua negara untuk tetap mencari strategi terbaik untuk membantu Myanmar,” jelasnya, dikutip VOA Indonesia, Minggu, 10 September 2023.

Baca juga: Waspadai Geopolitik Global, Sri Mulyani Ajak Negara ASEAN Lakukan Ini

Selain itu, pihaknya juga mendesak otoritas militer di Myanmar untuk mendengarkan aspirasi dari berbagai pihak dan membebaskan tahanan politik. Ia juga berharap negara itu kembali kepada pemerintahan yang demokratis.

Sementara terkait krisis iklim, Guterres menyampaikan PBB telah menyerukan pakta solidaritas iklim yang melibatkan negara-negara penghasil emisi terbesar.

Tujuannya tak lain untuk melakukan upaya ekstra dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, dan memobilisasi dari sisi keuangan dan teknis untuk mendukung negara-negara berkembang. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago