Komunikasi Intens Diperlukan Untuk Cegah Anak dari Covid-19

Komunikasi Intens Diperlukan Untuk Cegah Anak dari Covid-19

Jakarta – Tidak hanya orang dewasa yang terpapar Covid-19, namun anak-anak juga berpotensi tertular. Untuk itu, orang tua perlu memberikan pengertian pada anak tentang bahaya Covid-19 dengan melakukan komunikasi yang intens pada anak.

Dr. Seto Mulyadi, Psikolog sekaligus Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menjelaskan bahwa inti komunikasi yang efektif adalah dengan memposisikan anak sebagai sahabat. Saat ini, anak-anak sedang rindu bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Dengan komunikasi yang dekat seperti sahabat, anak akan bisa menerima pesan yang hendak disampaikan orang tua.

“Kuncinya adalah komunikasi. Jangan posisikan anak sebagai bawahan yang harus menerima perintah. Sebaliknya, perlakukan anak layaknya seorang sahabat. Dengan begitu, orang tua dapat menjelaskan pada anak tentang bahaya Covid-19,” ujar Kak Seto pada talkshow virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, 20 November 2020.

Lebih jauh, Kak Seto menyarankan orang tua untuk menggunakan cara-cara yang kreatif dalam menyampaikan pesan Covid-19 pada anak. Orang tua bisa menyelipkan pesan-pesan tersebut dalam permainan atau aktivitas menarik yang dilakukan oleh orang tua dan anak.

“Dunia anak itu adalah dunia bermain. Orang tua bisa jelaskan dengan dialog yang penuh persahabatan, atau dengan menyanyi lagu, atau dengan bermain peran. Jadi, tidak hanya dengan perintah saja,” ucapnya. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.