Indeks Keyakinan Konsumen Kembali Meningkat

Indeks Keyakinan Konsumen Kembali Meningkat

Jakarta–Hasil Survei konsumen Bank Indonesia (BI) pada November 2015 menunjukkan terjadinya peningkatan keyakinan konsumen. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada November sebesar 103,4 naik 4,4 poin dibanding bulan sebelumnya.

Menguatnya keyakinan konsumen tersebut didorong oleh kenaikan kedua indeks pembentuknya yaitu Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) yang naik 5,1 poin dibanding Oktober. Senada, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) juga naik 3,6 poin menjadi 114,8.

Peningkatan IKE dan IEK didorong oleh membaiknya optimisme responden terhadap ketersediaan lapangan kerja, baik pada saat ini dibandingkan 6 bulan sebelumnya maupun pada 6 bulan mendatang dibandingkan saat ini.

Secara regional membaiknya keyakinan konsumen pada November 2015 terjadi pada 15 kota yang disurvei, dengan peningkatan tertinggi di kota Palembang dan Pontianak. Sementara itu berdasarkan tingkat pengeluaran, peningkatan IKK tertinggi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran lebih dari 5 juta per bulan. (*) Ria Martai

Leave a Reply

Your email address will not be published.