Danamon Peduli Gelar Festival Pasar Rakyat di Bogor

Danamon Peduli Gelar Festival Pasar Rakyat di Bogor

Bogor–Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) melalui kampanye nasional bertajuk Jelajah Pasar Rakyat Nusantara, menggelar Festival Pasar Rakyat di  Pasar Kebon Kembang atau yang lebih dikenal dengan Pasar Anyar di kota Bogor, Jawa Barat.  Hal ini sebagai wujud dukungan Danamon Peduli terhadap keberadaan dan perkembangan pasar rakyat di Indonesia. Festival Pasar Rakyat yang bertepatan dengan Hari Ikan Nasional ini merupakan yang keenam kalinya diselenggarakan.

“Jika kita datang ke sebuah daerah baru, datanglah ke pasar rakyat karena disanalah etalase terlengkap yang menceritakan kekayaan komoditas di daerah tersebut. Pasar rakyat ini merupakan aset bangsa yang besar nilai dan perannya. Kita harus bangga jika mampu melestarikan dan memajukan pasar rakyat sebagai karakter bangsa Indonesia. ” ujar Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Bogor. Hadir dalam Festival Pasar Rakyat di Pasar Kebon Kembang, Dr. Bima Arya Sugiarto, Walikota Bogor; Andri Latif A. Mansjoer, Direktur Utama PD Pakuan Jaya; Herry Hykmanto, Direktur Syariah Danamon; Swandajani Gunadi, Direktur Sumber Daya Manusia PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance), Made Sukada, Komisaris Independen Danamon; Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli; serta Henny Gunawan, Regional Corporate Officer Danamon Wilayah I Jabodetabek, Cilegon, Serang, dan Lampung.

Restu Pratiwi mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Kota Bogor dan PD Pasar Pakuan Jaya dalam menjalankan kampanye Jelajah Pasar Rakyat Nusantara ini. Kerja sama ini menghasilkan makin berkembangnya ragam komoditas di pasar rakyat Kebon Kembang, dari sayuran, produk jadi berkualitas ekspor seperti sepatu tas dan pakaian tersedia di pasar. “Tidak berlebihan jika kita posisikan bahwa pasar rakyat adalah etalase terbesar kekayaan komoditas suatu daerah” ujar dia.

Kegiatan Festival Pasar Rakyat merupakan bentuk aksi nyata dari upaya Danamon dalam mendukung promosi pasar yang digelar di banyak kota di Indonesia. Hingga saat ini, Pasar Festival Rakyat telah diselenggarakan di Pasar Rau, Serang, Banten; Pasar Kembang, Surabaya, Jawa Timur dan Pasar Baru, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Pasar Ngasem, Yogyakarta dan Pasar Lama, Tangerang. Untuk penyelenggaraan kegiatan promosi Pasar Rakyat, Danamon Peduli memberikan dukungan dana lebih dari Rp 1 miliar.

Pada kesempatan terpisah, Satinder Pal Singh Ahluwalia, Direktur Perbankan Mikro Danamon menjelaskan bahwa melihat pentingnya fungsi pasar di dalam perekonomian, Danamon Simpan Pinjam (DSP), yang merupakan unit usaha mikro Danamon, berkomitmen untuk membantu perkembangan usaha para pedagang pasar melalui layanan perbankan yang mudah dijangkau.

“Dengan pengalaman selama lebih dari 11 tahun bermitra dengan para pedagang pasar, kami sadar bahwa fungsi kami melalui Danamon Simpan Pinjam bukan hanya menyentuh para pedagang pasar sebagai nasabah saja namun juga merangkul sebagai penggerak perekonomian” terang dia.

Selain Festival Pasar Rakyat, Danamon juga memberikan bantuan program edukasi dengan nama ‘Pojok BISA’ yang ditujukan untuk memberikan tambahan pengetahuan dalam perencanaan keuangan bagi mitra pedagang pasar. “Tujuan kegiatan ini agar para pedagang pasar dapat merencanakan keuangannya menjadi lebih baik sehingga hasilnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan,” tambah Ahluwalia. (*) Rezkiana Nisaputera.

Related Posts

News Update

Top News