Perbankan

Nasabah Bank Mega Kini Bisa Transaksi QRIS Antarnegara, Ini Daftar Negaranya

Jakarta Bank Mega menjadi salah satu bank yang sudah melayani transaksi QRIS antarnegara (Cross Border) di Thailand, Malaysia dan Singapura.

Artinya, nasabah Bank Mega kini dapat melakukan transaksi QRIS melalui aplikasi mobile M-Smile pada saat bepergian atau berlibur ke tiga negara tersebut.

QRIS antarnegara merupakan sistem interkoneksi pembayaran QR di negara-negara yang telah memiliki kerja sama, sehingga memungkinkan nasabah untuk melakukan pembayaran di negara yang berbeda.

Diza Larentie, Wakil Direktur Utama Bank Mega mengatakan, melalui fitur ini, pihaknya berharap dapat memudahkan nasabah Bank Mega dalam melakukan transaksi pembayaran antarnegara menjadi lebih cepat, praktis dan aman.

Baca juga: Sekarang Jalan-Jalan ke Singapura Sudah Bisa Pakai QRIS

“Nasabah yang sedang berlibur di Thailand, Malaysia dan Singapura dapat melakukan transaksi pembayaran dengan scan kode QR yang disediakan merchant-merchant di negara tersebut,” jelas Diza dalam keterangan resminya, 19 Desember 2023.

Dengan demikian, lanjut Diza, nasabah kini tidak perlu repot lagi menukarkan uang rupiah ke mata uang negara negara tersebut. 

“Dengan melakukan transaksi QRIS antarnegara pada aplikasi M-Smile, nilai transaksi yang dilakukan akan secara otomatis dikonversikan ke dalam mata uang rupiah,” tambahnya.

Ada sejumlah keunggulan QRIS antarnegara yang sudah dapat dilakukan di Thailand, Malaysia dan Singapura. Pembayaran dapat dilakukan langsung tanpa harus menukarkan uang ke valuta asing, di mana nasabah hanya melakukan scan dari M-Smile dengan sumber dana tabungan rupiah. Transaksi tersebut akan langsung dikonversi otomatis ke mata uang rupiah secara real time.

Kemudian, praktis karena tidak perlu menggunakan fisik kartu tetapi hanya cukup menggunakan ponsel dan transaksi menggunakan QRIS menjadi lebih aman, karena tidak perlu membawa sejumlah uang tunai.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi QRIS antarnegara. Yakni, memastikan bahwa merchantmerchant di negara tersebut memiliki logo dari lembaga yang saat ini menjadi mitra penyelenggara.

Baca juga: Jumlah Pengguna dan Transaksi QRIS Melonjak, Segini Jumlahnya

Misalnya, di Thailand, penyelenggaraan jasa pembayaran yang sudah menjadi mitra QRIS antarnegara di antaranya BBL (Bangkok Bank), BAY (Bank of Ayudhya), Krungthai Bank (KTB), CIMB Thai, Kasikorn Bank (KBANK) dan Siam Commercial Bank (SCB).

Kemudian di Malaysia, logo QR yang bisa melayani QRIS antarnegara adalah yang diterbitkan oleh DuitNow atau logo QR yang berasal dari penerbit seperti CIMB Bank, Public Bank Berhad, Razer Merchant Services Sdn Bhd, United Overseas Bank Berhad, TNG Digital Sdn Bhd, Axiata Digital eCode Sdn Bhd (Boost), AmBank Malaysia Berhad, Maybank Berhad, Finexus dan Hong Leong Bank Berhad.

Adapun Singapura hanya bisa di-scan di QR berlogo NETS dan/atau SGQR. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

2 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

3 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

9 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

10 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

23 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

24 hours ago