Nakes Laboratorium Tes PCR Masih Perlu Ditingkatkan

Nakes Laboratorium Tes PCR Masih Perlu Ditingkatkan

Nakes Laboratorium Tes PCR Masih Perlu Ditingkatkan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Tenaga Ahli Menteri Kesehatan Bidang Penanganan Covid-19 Andani Eka Putra menilai, kualitas sumber daya manusia (SDM) Tenaga Kesehatan (Nakes) pada laboratorium untuk pemeriksaan tes polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 di seluruh Indonesia masih harus terus ditingkatkan. Menurutnya, baik dari sisi jumlah maupun kualitas SDM khususnya di wilayah terpencil masih kurang.

“Jadi masalah besar adalah SDM kerjanya. Bagaimana SDM itu seharusnya dibangun karena tidak semua orang familiar bisa bekerja tes molekuler, khususnya RNA,” kata Andani melalui video conference di Jakarta, Selasa 16 Maret 2021.

Dirinya juga menjelaskan, pada pememeriksaan tes Covid-19 perlu dilakukan penelitian melalui ekstraksi asam ribonukleat atau RNA yang diperlukan dalam pengujian sampel rantai reaksi polimerase Covid-19.

Dirinya mengungkapkan, pengerjaan analisis RNA tersebut memiliki tingkat kesulitan tinggi. Dengan begitu diperlukan kualitas pemahaman SDM yang mempuni. Sementara itu dalam sebuah proses tes PCR Covid-19 menurutnya harus memiliki waktu yang ideal  berkisar empat jam. Namun waktu tersebut bergantung pada panjangnya antrian setiap rumah sakit. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]