Pasar Modal

Naik 9,4 Persen, Laba Bersih Sarana Menara Nusantara jadi Rp1,60 Triliun di Semester I 2024

Jakarta – PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) mencatatkan laba bersih Rp1,60 triliun di semester I 2024. Raihan laba bersih ini naik 9,4 persen dibanding tahun lalu di periode yang sama sebesar Rp1,46 triliun.

Laba bersih yang dihasilkan emiten menara dari Djarum Group tersebut didukung oleh pendapatan TOWR yang tercatat sebanyak Rp6,15 triliun di paruh pertama 2024 dari Rp5,77 triliun tahun sebelumnya.

Dalam laporan keuangan konsolidasian TOWR, pendapatan perseroan ditopang oleh pendapatan sewa yang tercatat Rp5,56 triliun, diikuti pendapatan dari pos jasa dan lainnya sebesar Rp515,53 miliar.

Baca juga: Di Tengah Tantangan Pasar Perumahan, SMF Bidik Laba Bersih Rp472 Miliar di Akhir 2024

Direktur Utama dan CEO TOWR, Aming Santoso, mengatakan bahwa, perseroan masih mampu membukukan kinerja yang positif di tengah-tengah dampak besar dari relokasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) yang membutuhkan belanja modal besar.

“Manajemen memperkirakan dampak terberat dari proses relokasi ini tercermin pada kinerja keuangan tahun 2024 dan seluruh proses ini akan tertuntaskan dalam kurun waktu 1-2 tahun mendatang,” ucap Aming dalam keterangan resmi di Jakarta, 30 September 2024.

Di sisi lain, TOWR mencatat peningkatan dari beban pokok pendapatan sebesar 8,05 persen menjadi Rp1,85 triliun di semester I 2024, dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat senilai Rp1,71 triliun.

Berdasarkan hal itu, total aset TOWR tercatat sebanyak Rp72,59 triliun, dengan rincian, total liabilitas senilai Rp55,38 triliun, sementara total ekuitas sebesar Rp17,21 triliun di periode semester I 2024.

Baca juga: Telkom Beri Sinyal Kuat Tebar Dividen hingga 80 Persen dari Laba Bersih 2024

Adapun, ke depannya Perseroan masih akan tetap menekankan pertumbuhan yang sehat dari infrastruktur yang dibutuhkan industri dan pasar lain yang membutuhkan internet melalui connectivity dan Fiber To The Home (FTTH) TOWR.

“Sinergi sangat penting untuk dijalankan dan dipertahankan antara portofolio tower dan non-tower kami. Efisiensi biaya operational, belanja modal dan biaya bunga selalu kami review. Hal-hal ini terlihat membuahkan hasil pada kinerja keuangan TOWR kuartal ini,” imbuhnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan Demi Menjaga Stabilitas Sistem Perbankan

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa tengah menyampaikan keterangansaat konferensi pers terkait penetapan Tingkat… Read More

3 mins ago

AAUI Ungkap Peluang Usaha Menjanjikan di Era Prabowo-Gibran, Ini Daftarnya

Jakarta - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memproyeksikan sejumlah peluang usaha asuransi umum yang memiliki… Read More

1 hour ago

Program 3 Juta Rumah Prabowo, SMF Rekomendasikan Intervensi Khusus

Lampung - Program 3 juta rumah yang digaungkan presiden terpilih Prabowo Subianto terbilang ambisius. Untuk… Read More

3 hours ago

LPS Tahan Tingkat Bunga Pinjaman di Level 4,25 Persen, Ini Alasannya

Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali memutuskan mempetahankan tingkat bunga penjaminan simpanan bank umum… Read More

3 hours ago

Semester I-2024, Industri Asuransi Umum Catat Premi Rp53,54 Triliun

Jakarta - Industri asuransi umum di Indonesia mencatat pertumbuhan yang cukup positif di semester I-2024.… Read More

3 hours ago

Warga RI Ramai ‘Makan Tabungan’, Bos BNI Bilang Begini

Jakarta – Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI, Royke Tumilaar… Read More

4 hours ago