Teknologi

Multipolar Technology Paparkan Pentingnya API Management dalam Transformasi Digital

Jakarta – Open Application Programming Interface (Open API) merupakan program aplikasi yang dapat menerapkan system to system integration atau program yang memungkinkan suatu aplikasi untuk berinteraksi dengan aplikasi lainnya.

Open API semakin populer digunakan, termasuk di sektor keuangan, karena memudahkan pemakainya untuk menghubungkan aplikasi, sistem, maupun network buatannya dengan yang lain.

Menurut Elen, Department Head of Middleware Cloud Platform Multipolar Technology, keberadaan Open API ini bisa membantu sebuah perusahaan untuk bisa melakukan transformasi digital. Ini dilakukan dengan penerapan API management.

“API management memiliki peranan yang sangat penting di dalam transformasi digital. Dengan perubahan-perubahan digital ini, tuntutannya pasti akan semakin cepat dalam perubahan kita,” terang Elen pada Infobank Forum Open Banking Trends 2024 bertajuk Integration of Digital Payment Systems for Business Continuity, Selasa, 7 Mei 2025.

Baca juga: Perkuat Ekonomi Digital, BI Siapkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2030

API management sendiri, sesuai dengan namanya, adalah proses pengelolaan API yang dilakukan dengan berbagai cara seperti pemrograman aplikasi, pembuatan kebijakan, kontrol akses, hingga analisis statistik. Elen berujar, tuntutan-tuntutan perubahan ke arah yang lebih digital memakai teknologi ini semakin tidak terelakkan.

“Dari teknologi, kita harus memberikan support yang lebih baik, sehingga kita bisa memberikan penyesuaian yang nantinya akan diberikan dengan cepat,” tambah Elen.

Menurut Elen, API management bisa mempermudah proses transformasi digital dari berbagai aspek, seperti memperluas jangkauan produk kepada target pasar lain, membuka peluang bisnis digital, memperketat keamanan data, sampai dengan percepatan pengembangan aplikasi.

Untuk itu, terdapat beberapa kemampuan yang wajib dimiliki dalam proses API management. Beberapa di antaranya meliputi kontrol akses, perlindungan API, transformasi, data dan analitik, katalog, optimisasi aplikasi, hingga akselerasi.

Baca juga: Antisipasi Kejahatan Digital, Kominfo Imbau Masyarakat Bijak Berinternet

“Menurut saya, yang paling utama, kita menentukan bagaimana kita memberikan akses pengguna terhadap API kita. Siapa yang mengakses, siapa yang memberikan akses, dan lainnya,” kata Elen.

“Juga, bagaimana kita memproteksi API ketika sudah terekspos. Bagaimana kita menjaga keamanannya, bagaimana kita bisa ancaman-ancaman yang mengakses API kita. Sehingga kita bisa memahami sistem dan ekosistem yang sudah ada,” lanjutnya.

Setelah akses dan keamanan terjamin, pengguna juga nantinya akan berkutat dengan optimasi dan transformasi dari API yang mereka miliki. Mereka juga perlu melakukan analisis terhadap berbagai aspek lainnya. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Galih Pratama

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

8 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

10 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

11 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

11 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

12 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

1 day ago