Keuangan

Multifinance Harus Bersiap Hadapi Masa Panceklik yang Panjang

Jakarta – Industri multifinance tengah memasuki masa suram. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan piutang pembiayaan melambat di semester pertama 2020 sebesar 7,3% yoy. Perlambatan ini tak bisa dilepaskan dari adanya penurunan laba seiring dengan sepinya permintaan pembiayaan pada semester pertama 2020.

Hal ini pun diperparah dengan adanya restrukturisasi pembiayaan yang membuat pendapatan tertekan. Hingga Juni 2020, OJK melaporkan pengajuan restrukturisasi tercatat sebanyak 4,41 juta kontrak dengan total outstanding mencapai Rp172,7 triliun. Maka, tidak terlalu mengejutkan bila di paruh pertama 2020 ini, hanya ada dua perusahaan multifinance yang mencetak pertumbuhan laba bersih, yakni PT Danasupra Erapacific Tbk dan PT Fuji Finance Indonesia Tbk, dari 16 perusahaan multifinance yang sudah mempublikasikan laporan kinerjanya pada bulan lalu.

Mengkhawatirkan memang bila melihat realita tersebut. Namun demikian, bukan berarti industri multifinance tak bisa berbuat banyak. Dibantu oleh OJK yang sudah mengeluarkan beberapa kebijakan dalam meringankan beban pelaku pasar multifinance, kali ini giliran perusahaan multifinance menetapkan beberapa strategi untuk menghadapi masa panceklik yang waktunya bisa bakal lama ini.

Menurut Hery Gunardi selaku Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri), ada beberapa strategi yang perlu diambil oleh perusahaan multifinance agar dapat melewati masa panceklik ini dengan selamat. Pertama, ia menjelaskan, perusahaan multifinance perlu bersifat selektif terhadap sektor ekonomi yang sedang kurang kondusif. Hal ini perlu diperhitungkan dalam rangka menekan laju non performing financing (NPF).

“Kita mesti selektif ya dalam memilih debitur. Jadi tetap tumbuh, tapi dengan selektif,” terangnya, saat menjadi pembicara di acara Infobank 16th Multifinance Awards 2020 yang diadakan secara virtual.

Menjadi selektif menurutnya perlu dilakukan karena biar bagaimana pun, perusahaan multifinance harus tetap prudent di kala kondisi krisis seperti ini. Di samping tetap meningkatkan aktivitas collection dan recovery, atau pembiayaan progresif.

Kemudian, yang kedua, penyesuaian terhadap financing to value (FTV) juga perlu dilakukan di kala situasi seperti ini. “Kita juga liat tergantung dari segmennya karena kami juga membiayai berbagai segmen, ada segmen satu terdiri dari pegawai negeri (ASN, TNI, Polri), segmen dua misalnya BUMN, lalu segmen tiga misalnya swasta yang dikategorikan lagi ada swasta berskala besar atau nasional dan seterusnya,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, dengan pemilihan target market yang tepat, bukan hanya mengamankan tenor dan FTV sehingga tidak merisikokan lembaga pembiayaan, tapi juga tidak memberatkan debiturnya. Selain itu, ia pun menyarankan perusahaan pembiayaan untuk memaksimalkan sumber daya manusia demi collection dan recovery, alokasi dan manajemen anggaran yang baik, serta akselerasi atau pemanfaatan teknologi digital secara maksimal. (*) Stephen

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Soal Pendekatan dengan Konsumen, AFTECH Sarankan Fintech ‘Berguru’ ke BPR dan BPD

Jakarta - Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) mendorong para pelaku fintech untuk “berguru” kepada Bank Perekonomian… Read More

54 mins ago

Adira Finance Tingkatkan Pembiayaan Syariah Lewat Transformasi Pasar Tradisional

Jakarta - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) memperkuat posisinya dalam mendukung sektor… Read More

1 hour ago

Jokowi: Indonesia has the potential to become a new economic superpower

Jakarta - President Joko Widodo (Jokowi) predicts that there will be a number of countries… Read More

1 hour ago

BEI Perketat Syarat IPO, 40 Persen Calon Emiten Ditolak

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperketat syarat bagi calon perusahaan yang berencana melakukan… Read More

1 hour ago

Mengungkap Peluang dan Tantangan Wujudkan Ketahanan Energi Nasional

Jakarta - Forum Improvement & Innovation Award atau IIA 2024 Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa… Read More

1 hour ago

Naik 0,71 Persen, IHSG Ditutup Menguat ke Level 7.557

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Selasa 8 Oktober 2024, ditutup… Read More

2 hours ago