Perbankan

MUFG Guyur Pinjaman USD404 Juta untuk Dua Proyek Data Center EdgeConneX

Jakarta – MUFG Bank, Ltd. (MUFG) menyepakati Sustainability-Linked Loan (SLL) senilai USD404 juta untuk pengembangan dua pusat data (data center) di Jakarta, Indonesia.

Data center ini sedang dikembangkan oleh PT Graha Teknologi Nusantara, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh EdgeConneX.

MUFG merupakan salah satu dari empat Mandated Lead Arrangers (MLAs), yang bertindak sebagai Account Bank, Facility Agent, Security Agent, dan Hedging Bank untuk transaksi SLL ini.

Baca juga: Rampung Akhir Tahun, EDGE2 Bakal jadi Data Center Terbesar di Jakarta

Peran utama yang dilakukan oleh MUFG dalam transaksi ini menegaskan posisi MUFG sebagai pemimpin pasar dalam pembiayaan proyek dan kemampuannya pada sektor infrastruktur digital.

Transaksi ini merupakan yang kedua kalinya bagi MUFG dalam hal proyek pembiayaan greenfield data center di APAC 2023.

Shiv Sivarajah, Head of Project Finance for Asia di MUFG mengatakan, bermitra dengan EdgeConneX merupakan proyek data center perdana bagi MUFG.

“MUFG merasa bangga bisa turut berperan dalam perjalanan digitalisasi khususnya di Indonesia dan lebih luas lagi di seluruh Asia,” kata Sivarajah dalam keterangan resminya, Kamis, 14 September 2023.

Dia melanjutkan, digitalisasi merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi dan data center adalah salah satu infrastruktur penting yang mendukung tren ini.  

Oleh karenanya, lanjut Sivarajah, kesepakatan ini merupakan bukti kemampuan MUFG dalam memberikan solusi pembiayaan sesuai dengan kebutuhan, terutama untuk klien yang bergerak dalam bidang infrastruktur digital

“Termasuk dalam hal menyelaraskan sustainability goals yang relevan dan ambisius,” tambahnya.

Pembiayaan ini merupakan pemberian fasilitas SLL pertama bagi data center di Indonesia, menjadikannya tonggak penting terkait pembiayaan berkelanjutan di Indonesia.

Kerangka kerja dari Sustainability Key Performance Indicators (KPI) juga telah dikembangkan untuk mematuhi prinsip SLL yang diterbitkan oleh Loan Market Association (LMA). KPI yang diadopsi juga telah selaras dengan strategi dan komitmen sustainability EdgeConneX.

Tingginya konsumsi energi dari data center, membuat perusahaan berfokus pada efisiensi konsumsi energi dengan memanfaatkan energi terbarukan. Proyek ini juga memasukkan Lost Time Injury Rate sebagai KPI untuk mendukung standar keselamatan kerja yang lebih tinggi, di mana sangat relevan di negara-negara berkembang.

Sejalan dengan misi sustainability-nya, MUFG telah secara terbuka berkomitmen untuk menginvestasikan total kumulatif JPY35 triliun ke dalam pembiayaan terkait sustainability secara global pada 2030/

Di mana lebih dari 70 persen dari target ini, atau JPY24,6 triliun, telah tercapai (FY2019 to FY2022). MUFG juga mengumumkan komitmennya untuk mencapai emisi nol bersih dalam portofolio keuangannya pada tahun 2050 dan operasionalnya sendiri pada 2030.

Baca juga: Elsewedy dan PLN Bangun Gardu Induk Data Center Rp188,5 Miliar

MUFG juga memimpin jalur kerja pembiayaan dan terlibat dalam Net Zero Banking Alliance (NZBA), yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menggalang lembaga keuangan global dalam mendukung emisi karbon nol bersih.

Tak hanya itu, MUFG juga menerbitkan transition whitepaper yang membagikan strategi iklim Jepang, bagaimana MUFG dapat berfungsi sebagai blueprint bagi carbon neutrality ambitions di Asia Tenggara, dan memajukan transisi nol bersih secara global. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

13 mins ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

51 mins ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

2 hours ago

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

4 hours ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

5 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

6 hours ago