Mudik Sehat di Tengah Pandemi, Cek Tipsnya

Mudik Sehat di Tengah Pandemi, Cek Tipsnya

Mudik Sehat di Tengah Pandemi, Cek Tipsnya
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Penantian panjang masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik lebaran, kini sudah bisa dirasakan kembali, pasalnya mengingat dua tahun ke belakang pemerintah melarang masyarakat untuk melakukan mudik lebaran. Hal ini didorong oleh mulai menurunnya jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia.

Setelah absen selama dua tahun, Kemenhub memperkirakan sebanyak 85,5juta masyarakat akan melakukan mudik lebaran. Pemerintah dalam hal ini tidak serta merta mengizinkan mudik lebaran tetapi juga harus diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat. Tidak hanya itu, pemudik juga diharuskan melakukan vaksin booster dan dapat menunjukan hasil negatif swab antigen bagi pemudik yang baru melakukan vaksin dosis kedua.

Melaksanakan mudik di tengah pandemi seperti ini banyak hal yang harus diperhatikan, selain mempersiapkan kendaraan pribadi dalam kondisi baik, pemudik juga harus mempersiapkan dan menjaga kondisi kesehatan diri sebelum melakukan mudik lebaran.

Guna untuk menjaga kesehatan diri para pemudik, serta diharapkan dapat menekan angka penyebaran Covid-19, PT. Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) memberikan beberapa tips terkait kesehatan untuk para pemudik.

Diantaranya adalah menyiapkan obat-obatan pribadi maupun vitamin yang dapat menjaga imun tubuh agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik lebaran. Selain obat-obatan, untuk menjaga tubuh dalam keadaan fisik yang baik selama perjalanan juga dibutuhkan asupan makanan, minuman, serta istirahat yang cukup supaya terhindar dari dehidrasi.

Mudik di tengah pandemi Covid-19, protokol kesehatan juga harus tetap dilaksanakan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal ini wajib dilakukan agar selama musim libur lebaran tidak ada lagi lonjakan pasien positif Covid-19.

Tidak hanya kesehatan fisik dan protokol kesehatan yang harus dilakukan, saat lebaran tiba nanti pemudik juga harus menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tidak mengonsumsi secara berlebihan, hal ini bisa diimbangi dengan memakan sayur dan buah serta memperbanyak konsumsi air putih.

Terakhir hal yang bisa dilakukan selama masa libur lebaran adalah melakukan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh dan jantung, hal ini diupayakan agar saat masa lebaran maupun ketika waktunya kembali beraktivitas, masyarakat yang melakukan mudik tetap dalam keadaan fisik yang sehat.

Hal penting lainnya selain tips memastikan kondisi kesehatan fisik dalam kondisi baik, yaitu pemudik dapat menambahkan perlindungan ekstra bagi pemudik dan keluarga dengan memiliki produk asuransi. (*) Khoirifa Argisa Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]