Muamalat Bakal Perbesar Segmen Ritel

Muamalat Bakal Perbesar Segmen Ritel

Muamalat Bakal Perbesar Segmen Ritel
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta–PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) berencana untuk mengubah strategi bisnisnya dengan memperbesar porsi pembiayaan retail consumer dan mengurangi porsi korporasi.

Jika selama ini bank syariah pertama di Indonesia itu mengandalkan pembiayaan korporasi dengan porsi 60% dari portofolio dan 40% segmen retail consumer, maka tahun depan Bank Muamalat akan membalikkan porsi tersebut.

“Kita rencananya corporate 40%, retail consumer akan 60%. Jadi retail consumer saat ini 40% tahun depan 60%,” kata Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman di Jakarta, Senin 23 November 2015.

Endy mengatakan, Muamalat telah mulai mengembangkan potensi bisnis retail consumer-nya misalnya dengan bancassurance dengan Manulife. Sementara untuk pertumbuhan ia mengaku Bank Muamalat akan tumbuh positif sesuai pertumbuhan pasar.

“Tahun depan kita canangkan pertumbuhan positif sesuai dengan kondisi pasar. Jadi bahwa tahun sekarang dan tahun depan pertumbuhan ekonomi masih positif, jadi tidak ada alasan kita untuk tidak berkembang,” tambahnya.

Hingga September, Bank Muamalat mencatat total pembiayaan mencapai Rp40,89 triliun atau turun 5,09% dari akhir tahun lalu Rp43,09 triliun. Namun, Perseroan masih mengantongi laba Rp31,44 miliar tumbuh 262,43% secara year on year. (*) Ria Martati

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]