Darmin: Masyarakat Jangan Panik, Utang Naik Demi Perekonomian

Darmin: Masyarakat Jangan Panik, Utang Naik Demi Perekonomian

Jakarta–Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menilai, meningkatnya Utang Luar Negeri (ULN) yang hingga Mei 2017 sebesar USD333,6 miliar digunakan untuk menggerakkan perekonomian nasional. Dirinya juga mengimbau masyarat agar tidak perlu khawatir atau panik akan hal ini.

“Jangan karena utang naik kemudian dianggap sudah masalah besar itu. Yang paling penting adalah utangnya dipakai untuk menggerakkan ekonomi untuk bangun infrastruktur, untuk bangun kawasan industri, dan sebagainya,” ujar Darmin usai rapat koordinasi membahas penertiban importir berisiko tinggi di Kompleks Menteri Keuangan, Jakarta, Selasa, 1 Agustus 2017.

Darmin juga menambahkan, pemerintah pada saat ini memang fokus untuk membangun infrastruktur, yang memang masih tertinggal dan membutuhkan dana besar. Dan salah satu alternatif pembiayaan dana tersebut ialah melalui utang luar negeri.

Sebagai informasi, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Mei 2017 tercatat oleh Bank Indonesia sebesar USD 333,6 miliar atau tumbuh 5,5 persen dalam setahunan (yoy).

Darmin juga menilai, pemerintahan saat ini masih menanggung beban utang dari pemerintahan periode-periode sebelmumnya sehingga membuat angka utang tersebut makin membengkak.

“Soal utang ya kita tidak bikin apa-apa juga kita harus bayar utang banyak loh. Bukan pemerintahan ini saja yang bikin utang, dari dulu sudah ada utang,” tutup Darmin. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News