Kepercayaan Investor Buat Dana Asing Masuk Rp130,24 Triliun

Kepercayaan Investor Buat Dana Asing Masuk Rp130,24 Triliun

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menilai, kepercayaan investor asing terhadap pasar Indonesia semakin baik dan positif. Hal tersebut tercermin dari aliran dana asing yang masuk (capital inflow) ke Indonesia hingga mencapai Rp130,24 triliun secara year to date (ytd).

Demikian pernyataan tersebut disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo di Masjid Baitul Ihsan BI, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2019. Menurutnya, hal tersebut memberikan sentimen positif terhadap perekonomian nasional.

“Aliran modal asing terus masuk. Update saja kalau year to date-nya sekarang Rp130,24 triliun, terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) Rp72,96 triliun dan saham Rp58,95 triliun,” jelas Perry.

Ia menambahkan, dalam beberapa hari kemarin telah banyak investor asing yang melaksanakan net beli dari lelang dari SBN. Bahkan dalam empat hari saja capital inflow ke pasar Indonesia sudah mengalir deras hingga Rp23,67 triliun.

“Minggu ini terjadi aliran modal asing yang masuk sebagaimana kalau data transaksi 17 hingga 20 Juni aliran dana asing ke Indonesia itu Rp23,67 triliun di antaranya SBN Rp22,66 triliun,” jelas Perry.

Lebih lanjut dirinya berharap, tingginya kepercayaan pasar dapat terus berlanjut dan membuat stabilitas nilai tukar Rupiah dan perekonomian nasional terjaga. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News