BI: Peningkatan Kegiatan Dunia Usaha Masih Berlanjut

BI: Peningkatan Kegiatan Dunia Usaha Masih Berlanjut

Jakarta – Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa kegiatan usaha pada triwulan I-2017 meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 4,80 persen, lebih tinggi dibandingkan 3,13 persen pada triwulan IV-2016.

Seperti dikutip dari laman BI, di Jakarta, Selasa, 11 April 2017 menyebutkan, peningkatan kegiatan usaha terutama terjadi pada sektor jasa-jasa dengan SBT 3,87 persen dan sektor keuangan, real estate & jasa perusahaan dengan SBT 2,31 persen. Namun kinerja sektor industri pengolahan terindikasi melambat yang ditunjukkan dari nilai PMI-SKDU triwulan I-2017 yang menurun dari 50,91 persen pada triwulan IV-2016 menjadi 47,93 persen.

Sementara itu, sejalan dengan peningkatan kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan I-2017 meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Dari sisi keuangan, kondisi likuiditas dan rentabilitas dunia usaha pada triwulan I-2017 juga tetap cukup baik, dengan akses terhadap kredit perbankan yang meningkat.

Ke depan, menurut Bank Sentral, peningkatan kegiatan usaha diperkirakan masih berlanjut pada triwulan II-2017 tercermin dari SBT yang meningkat menjadi sebesar 25,27 persen. Peningkatan kegiatan usaha paling tinggi diperkirakan terjadi pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan & perikanan yang didorong oleh kondisi cuaca yang baik.

Peningkatan kegiatan usaha juga diperkirakan terjadi pada sektor perdagangan, hotel & restoran, sektor jasa-jasa dan sektor industri pengolahan yang antara lain didorong oleh penguatan permintaan dan faktor musiman pada Ramadhan dan Idul Fitri. Sejalan dengan peningkatan kegiatan usaha sektor industri pengolahan, nilai PMI-SKDU pada triwulan II-2017 diperkirakan mengalami ekpansi menjadi 53,13 persen. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.