Ekonomi dan Bisnis

Momentum Pilkada Gagal Dongkrak Daya Beli Masyarakat

Jakarta — Momentum pesta demokrasi nasional dalam Pilkada serentak 2018 dinilai gagal untuk mendongkrak angka perekonomian nasional khususnya inflasi dan daya beli masyarakat.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esa Suryaningrum menjelaskan, walau Pemerintah mengklaim laju inflasi Lebaran tahun ini merupakan terendah dalam 4 tahun terakhir. Namun, peningkatan angka inflasi pada bulan Juni dari bulan sebelumnya cukup tinggi.

“Tercatat, tingkat inflasi pada Juni sebesar 0,59 persen secara bulanan, atau naik 0,38 persen dari periode Mei 2018 yang inflasinya sebesar 0,21 persen. Lonjakannya sangat tajam,” kata Esa di Jakarta, Selasa 3 Juli 2018.

Esa menyebut, kenaikan inflasi tersebut dipicu oleh meningkatnya sejumlah indeks pengeluaran di sektor transportasi, terlebih pengeluaran di sektor transportasi tidak bisa dihindari saat momentum arus mudik maupun arus balik Lebaran.

“Sektor konsumsi sampai tengah tahun belum cukup terpengaruh secara kumulatif akibat tertahannya daya beli masyarakat. Akibatnya pengaruh pilkada tidak memberikan sumbangsih optimal terhadap pertumbuhan ekonomi,” jelas Esa.

Sebagai informasi, Pemerintah mematok Pertumbuhan Ekonomi di angka 5,4 persen pada tahun ini. Angka tersebut diperkirakan tidak akan direvisi hingga akhir tahun. Disisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi Juni 2018 sebesar 0,59%. Angka ini lebih rendah dibanding inflasi Juni tahun sebelumnya yang juga bertepatan dengan lebaran 2017 sebesar 0,69%.(*)

Suheriadi

Recent Posts

Bos BRI Ungkap Kunci agar Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

Jakarta - Direktur Utama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Sunarso mengungkapkan kunci… Read More

3 mins ago

Bentuk KUB, Bank DKI Bakal jadi Induk Bank NTT Lewat Right Issue

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan PT Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta (Bank DKI) untuk menjadi… Read More

8 mins ago

Kena PHK, Begini Cara dan Syarat Pencairan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan mengungkap, tren pemutusan hubungan kerja (PHK) melonjak dalam beberapa bulan belakangan. Tercatat,… Read More

39 mins ago

Simak! 2 Jenis Reksa Dana Terbaik di Tengah Ketidakpastian Global

Jakarta - PT Mandiri Sekuritas menyebut bahwa berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perkembangan dana… Read More

42 mins ago

295 Saham Hijau, IHSG Ditutup Naik ke Level 7.559

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini (14/10) ditutup dengan melanjutkan penguatannya… Read More

1 hour ago

Kemendagri Sebut Pemda Suntik Modal BUMD Rp11,30 T pada 2024, Provinsi Ini Paling Besar

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri) menyebut pemerintah daerah (Pemda) sudah menyuntikan modal sebesar Rp11,30… Read More

1 hour ago