Modalku Akuisisi CardUp Untuk Ekspansi Layanan

Modalku Akuisisi CardUp Untuk Ekspansi Layanan

Modalku Akuisisi CardUp Untuk Ekspansi Layanan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Grup Modalku mengumumkan akuisisi terhadap CardUp, perusahaan layanan pembayaran (payments) di Asia Tenggara. Dengan ini, Modalku akan memperoleh kapabilitas pembayaran CardUp.

Beberapa di antaranya adalah pembayaran lewat kartu kepada pengguna yang tidak menerima pembayaran kartu (domestik dan internasional), penerimaan pembayaran online, sarana otomatisasi invoice, serta lisensi dan integrasi dengan business software dari pihak ketiga. Layanan payments CardUp akan melengkapi produk-produk pinjaman yang ditawarkan Grup Modalku.

“CardUp sangat cocok dengan Grup Modalku. Dengan akuisisi ini, kami dapat mempercepat kepemimpinan perusahaan di pasar FinTech regional dengan menggabungkan kapabilitas layanan pembayaran, meningkatkan user experience, dan menambah lisensi lokal ke layanan digital lending Grup Modalku di pasar-pasar utama kami,” jelas Co-Founder Funding Societies dan CEO Modalku Indonesia, Reynold Wijaya, pada keterangannya, 29 Juni 2022.

Akuisisi ini dinilai datang pada saat yang tepat. Segmen UMKM diproyeksikan akan menggerakkan pasar keuangan digital ASEAN menjadi sebesar US$60 miliar pada tahun 2025, sedangkan sektor pembayaran usaha (business payments) regional diproyeksikan tumbuh dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate) 10% selama lima tahun ke depan.

Saat ini, transformasi digital terhadap proses keuangan adalah tren yang signifikan bagi UMKM di ASEAN. Digitalisasi UMKM menghemat waktu dan uang, serta meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan melalui penggunaan sarana dan layanan yang lebih canggih.

Di sisi lain, Founder dan CEO CardUp, Nicki Ramsay mengungkapkan pihaknya melihat Grup Modalku sebagai pasangan komplementer untuk keahlian kami di bidang pembayaran. Ia menyebut keduanya memiliki misi yang sama untuk memberdayakan UMKM dan selama ini menyediakan sarana bagi mereka untuk meningkatkan bisnis operasional dan mengelola arus kas.

Setelah proses akuisisi selesai dan disetujui regulator, Grup Modalku akan menyambut Nicki Ramsay sebagai anggota tim manajemen untuk memimpin usaha payments perusahaan dengan tetap mempertahankan semua karyawan CardUp di Asia. CardUp akan terus mengoperasikan layanan bisnis dan konsumennya, serta melanjutkan hubungan jangka panjangnya dengan para partner, penerbit kartu, dan mitra media.

Grup Modalku dan CardUp akan memanfaatkan sinergi antar perusahaan, yaitu melalui sumber daya manusia yang komplementer, inovasi teknologi, serta kemitraan perbankan dan teknologi untuk terus memberdayakan UMKM di Asia Tenggara. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]