Keuangan

Mitigasi Risiko Klaim Jantung: Tugure Inisiasi Kunjungan ke IJN

Jakarta – Dalam upaya mengurangi tingginya angka klaim dan memberikan layanan reasuransi, PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure), melalui Tugure Academy, berkomitmen untuk meningkatkan kualitas edukasi kepada mitra usaha dengan menyelenggarakan kunjungan ke Institut Jantung Negara (IJN) di Malaysia pada 12 September 2024.

Kunjungan ini melibatkan 12 perwakilan asuransi jiwa, diantaranya adalah Asuransi Cakrawala Proteksi, Heksa Solution Insurance, Perta Life Insurance, dan perusahaan asuransi lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan mengenai perawatan kesehatan jantung di Malaysia.

Sesi yang dibuka oleh Group Head Life Tugure, dr. Kiki Oditya, menekankan bahwa sekitar 30% klaim asuransi di Indonesia berasal dari penyakit jantung vaskular. Sebagai respons terhadap tren yang memprihatinkan ini, Tugure Academy menyelenggarakan kegiatan sharing session yang bertujuan untuk melakukan studi banding atas fasilitas dan kompetensi di IJN, guna membantu perusahaan asuransi memitigasi risiko dalam menekan biaya klaim.

Baca juga: Pendapatan Premi TUGU Tumbuh 37 Persen di Agustus 2024, Jauh di Atas Rerata Industri

Direktur Keuangan Tugure, Dradjat Irwansyah menegaskan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk berbagi pengetahuan dan meningkatkan layanan reasuransi melalui Tugure Academy.

“Kegiatan ini penting untuk memberikan pengetahuan layanan berstandar internasional, dimana wawasan ini diharapkan akan bermanfaat dalam memitigasi risiko klaim penyakit jantung,” katanya dikutip 4 Oktober 2024.

Akim Affandi, Head of Marketing IJN, memberikan gambaran komprehensif tentang layanan IJN. Akim menyatakan bahwa IJN menangani lebih dari 30 kondisi terkait jantung, dengan tenaga kerja sebanyak 2.565 karyawan, termasuk 180 dokter yang sangat terlatih.

“Fokus IJN bukan hanya pada perawatan, tetapi juga melatih dokter yang kompeten, sehingga pelayanan yang diberikan efektif dan efisien bagi pasien,“ ujar Akim.

Akim menambahkan bahwa regulasi di Malaysia memastikan bahwa biaya perawatan kesehatan tetap terjangkau, dengan pengawasan ketat terhadap prosedur dan layanan medis.

Kunjungan ke IJN ini menegaskan misi Tugure Academy untuk memberikan wawasan kepada mitra-mitranya di industri asuransi melalui kegiatan diskusi interaktif dengan berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Baca juga: Tugure dan Malaysian Re Bahas Solusi Inovatif Menekan Angka Klaim Asuransi Kesehatan

Sementara, Tubagus Sehabuddin Aceh, Manager of Health Insurance Asuransi Cakrawala Proteksi menambahkan bahwa  kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru tetapi juga membuka peluang kerjasama dengan fasilitas kesehatan internasional.

“Kami melihat potensi untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah melalui kolaborasi dengan institusi seperti IJN, yang memiliki standar tinggi dalam perawatan jantung,” ujar Tubagus. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

14 mins ago

Perluas Layanan, Bank INA Buka Kantor Cabang Baru di Sunter

Jakarta – Bank INA resmi membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP) Sunter, yang beralamat di Ruko… Read More

1 hour ago

Heboh Isu Uang Rp10 Ribu Emisi 2005 Tak Berlaku Lagi, Begini Penjelasan BI

Jakarta – Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim merespons terkait kabar uang Rp10.000 tahun… Read More

1 hour ago

Aset Asuransi Syariah Rp45,75 Triliun, OJK Terus Dorong Upaya Spin Off UUS

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kontribusi premi dari asuransi syariah meningkat 2,90 persen… Read More

2 hours ago

Bank Pembangunan Islam Salurkan Pembiayaan Rp111,48 Triliun ke RI

Jakarta – Islamic Development Bank Group (IsDB) atau Bank Pembangunan Islam telah menyalurkan pembiayaan sekitar USD7,2 miliar… Read More

2 hours ago

Jajaki Asuransi Warga Desa, Asta Kanti Jalin Kemitraan Strategis dengan DPP Desa Bersatu

Jakarta – Perusahaan pialang asuransi PT Asta Kanti Insurance Broker menandatangani kerja sama strategis dengan… Read More

2 hours ago