News Update

Mirae Asset Sekuritas Catat Nilai Transaksi Nasabah Tembus Rp227,13 triliun

Jakarta – Nilai transaksi saham investor PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia mencapai posisi tertinggi di Tanah Air setelah mencapai Rp227,13 triliun per Jumat pekan lalu, 25 September 2020 yang didukung kebangkitan investor ritel dalam negeri.

Tae Yong Shim, President Director Mirae Asset Sekuritas Indonesia, mengatakan minat investor ritel berinvestasi di pasar saham semakin meningkat. Kalau dulunya investor ritel berinvestasi dari pasar saham karena ikut-ikutan teman saja, saat ini investor ritel sudah semakin pintar dalam berinvestasi saham.

Mereka menggunakan analisa teknikal, fundamental, dan bahkan ada juga yang lebih berpikir jauh ke depan (futurist). Seiring berjalannya waktu, jumlah investor dan nilai transaksi saham di segmen ritel pun semakin meningkat. Puncaknya, investor ritel menjadi semakin dominan di industri pasar saham Indonesia ketika terjadinya pandemi Covid-19.

“Saat ini market share kami dari sisi total nilai transaksi investor (transaction value) terhadap total nilai transaksi seluruh investor di Indonesia adalah 7,98%. Kami yakin nilai transaksi akan terus meningkat seiring kenaikan jumlah investor kami yang dalam waktu dekat akan menembus angka 200.000,” ujar Tae Yong Shim, dalam rilisnya Senin (28/9).

Kenaikan jumlah nasabah tersebut, lanjut Tae Yong Shim, seiring dengan optimisnya pelaku pasar bahwa target investor pasar modal dapat tumbuh menjadi 5 juta pada 2021, sesuai dengan harapan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Per Agustus lalu, Bursa Efek Indoensia mencatat jumlah investor pasar modal, yang terdiri dari investor saham, obligasi, dan reksa dana, sudah mencapai 3,02 juta.

Data Bursa Efek Indonesia juga menunjukkan total transaksi Bursa Efek Indonesia sejak awal tahun hingga Jumat pekan lalu (25/9) mencapai Rp 2.846 triliun dengan volume dan frekuensi transaksi saham sudah melewati 33 miliar lot saham dan 209 juta kali transaksi.

Frekuensi transaksi dan volume Mirae Asset Sekuritas tercatat sudah 4,07 miliar lot saham yang ditransaksikan melalui 33,55 juta transaksi. Sehingga, transaksi saham Mirae Asset Sekuritas berada di urutan pertama baik dari sisi nilai transaksi, volume, dan frekuensi dari total 105 sekuritas anggota bursa (AB). (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

IHSG Sesi I Ditutup Anjlok 1,35 Persen ke Level 7.592

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (30/9) kembali… Read More

45 mins ago

Simak! Ini Deretan Upaya SMF Kurangi Beban Fiskal Pemerintah

Lampung – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) terus memperkuat perannya sebagai fiscal tools pemerintah. Penyedia… Read More

2 hours ago

Kabinet Zaken Gemoy: Harus Market Friendly dan Fokus Pada Penciptaan Lapangan Kerja

Oleh Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group KABINET pemerintahan Prabowo-Gibran akan terbentuk di 20… Read More

2 hours ago

Investor Simak! Berikut Sentimen yang Bakal Pengaruhi IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada pekan lalu sebesar 0,60 persen… Read More

3 hours ago

Tugure dan Malaysian Re Bahas Solusi Inovatif Menekan Angka Klaim Asuransi Kesehatan

Jakarta – PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure) bersama Malaysian Reinsurance (Malaysian Re) menggelar sesi sharing… Read More

4 hours ago

Menguji Janji Ridwan Kamil Incar Cuan di Sektor Pariwisata Jakarta

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Ridwan Kamil bakal mengambil ‘cuan’ dari… Read More

4 hours ago