Ekonomi Digital

Metaverse Berpotensi Ciptakan 600 Ribu SDM Digital Per Tahun

Jakarta – Teknologi metaverse diprediksi dapat mendorong ekonomi digital dengan potensi 600.000 talenta digital per tahun, dan nantinya akan ada potensi 30 juta UMKM, serta kontribusi ekonomi yang bisa mencapai USD150 miliar di tahun 2025.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa teknologi metaverse harus dioptimalkan untuk kepentingan pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, melihat potensi metaverse di Indonesia yang sangat besar.

“Indonesia memiliki potensi luar biasa dan ini jadi peluang usaha kita untuk bisa meningkatkan aktivitas pembiayaan dan usaha sehingga bisa membuka lapangan kerja baru dan salah satunya di space metaverse ini,” ujar Sandiaga belum lama ini.

Potensi dari teknologi metaverse tersebut juga ditanggapi positif oleh Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo), Teguh Kurniawan Harmanda, yang mengatakan bahwa cepat atau lambat perkembangan metaverse nantinya akan begitu masif diiringi dengan adopsi asset kripto dan blokchain sebagai bagian dari dunia virtual tersebut.

“Adopsi kripto dan blockchain akan mempercepat pengembangan metaverse yang memiliki potensi besar di Indonesia. Bayangkan akan banyak inovasi yang muncul saat ini akan lari ke arah metaverse di masa depan. Apa yang kita rasakan di dunia nyata, semua akan bisa terjadi juga di metaverse,” ucap Teguh seperti dikutip dari News Flash Tokocrypto.

Pria yang akrab disapa Manda itu menambahkan bahwa infrastruktur dan literasi masyarakat menjadi tantangannya. Karena jika teknologi metaverse berkembang dapat menciptakan inovasi pasar baru di segala aspek, seperti pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi.

“Infrastruktur dan literasi masyarakat menjadi tantangan perkembangan metaverse ke depan. Metaverse akan optimal jika dapat dikombinasikan dengan adopsi kripto, blockchain, NFT hingga DeFi berjalan dengan baik. Misalnya, Web3 akan jadi bagian penting metaverse sebagai gambaran terbaru dari internet ciptakan ruang terdesentralisasi di mana pengguna memiliki lebih banyak otonomi, kontrol, dan peluang koneksi tanpa otoritas pusat,” tambahnya.

Tidak hanya itu teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) akan menjadi tugas bersama yang harus diselesaikan untuk mengembangkan program metaverse. Riset PwC mengatakan kedua teknologi tersebut dapat meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) global USD1,4 triliun pada 2030, serta mampu mendorong terciptanya 23,3 juta pekerjaan baru di tahun yang sama.

Kemudian berdasarkan riset The Analysis Group di tahun 2031, kontribusi Metaverse  terhadap perekonomian global mencapai USD3,01 triliun, angka tersebut setara dengan 2,8% dari pertumbuhan ekonomi dunia.

Sehingga nantinya metaverse tidak hanya muncul sebagai tren baru dalam dunia virtual media sosial tetapi juga memunculkan solusi-solusi baru untuk permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia saat ini. (*) Khoirifa

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Evan Yulian

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

15 mins ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

32 mins ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

35 mins ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

56 mins ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

2 hours ago