Moneter dan Fiskal

Meski Masih Pandemi, Airlangga Optimis Ekonomi RI Kuartal IV Bakal Positif

Jakarta – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal III-2020 yang minus 3,49% masih lebih baik ketimbang ekonomi kuartal II-2020 yang minus 5,32%.

Dirinya mengungkapkan, secara kuartalan ekonomi RI masih tumbuh 5,05%, jika pencapaian tersebut bisa dilanjutkan, pihaknya optimis ekonomi RI pada kuartal IV mampu tumbuh positif di tengah masih adanya pandemi Covid-19 hingga akhir tahun.

“Secara kuartalan di kuartal III sudah tumbuh 5,05% pertumbuhannya. Kalau kuartal IV bisa dipertahankan, kami berharap kuartal IV bisa masuk ke jalur positif,” kata Airlangga pada diskusi Satgas Covid-19 di Kanal Youtube BNPB Indonesia, Senin 2 November 2020.

Airlangga menambahkan, Pemerintah juga berencana memperpanjang berbagai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga tahun 2021 mendatang. Dimana salah satu kebijakan yang telah diperpanjang yakni program restrukturisasi kredit subsidi KUR, maupun kartu prakerja.

“Jadi dengan demikian support daya beli tetap baik di 2021. Baik itu subsidi KUR maupun terkait dengan Kartu Prakerja akan memberikan napas bagi masyarakat untuk menjaga daya beli yang ada,” tambah Airlangga.

Sebagai informasi saja, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan angka produk domestik bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III/2020 mengalami minus 3,49% (YoY).

Dengan begitu, ekonomi Indonesia resmi masuk pada jurang resesi. Mengingat pertumbuhan ekonomi RI sudah minus dua kali berturut-turut. Dimana pada semester II-2020, pertumbuhan ekonomi RI juga minus 5,32%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

30 mins ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

31 mins ago

Jokowi: Hilirisasi dan Digitalisasi jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, sikap optimisme diperlukan dalam rangka mencapai target peningkatan… Read More

59 mins ago

AFTECH Ungkap Penurunan Suku Bunga Fintech Lending Perluas Akses Masyarakat

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menurunkan suku bunga pinjaman secara bertahap untuk fintech peer… Read More

1 hour ago

Anggaran Program Makan Bergizi Gratis Habiskan Rp800 Miliar per Hari

Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana Read More

2 hours ago

Soal Pendekatan dengan Konsumen, AFTECH Sarankan Fintech ‘Berguru’ ke BPR dan BPD

Jakarta - Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) mendorong para pelaku fintech untuk “berguru” kepada Bank Perekonomian… Read More

3 hours ago