Nasional

Menuju Indonesia Emas 2045, Ini Tantangan yang Harus Dihadapi

Jakarta – Nilai ekonomi digital di Indonesia pada 2022 tercatat terbesar di Asia Tenggara yang mencapai USD77 miliar atau tumbuh 22%. Hasil ini bisa menjadi salah satu peluang untuk mencapai visi Indonesia emas di 2045.

Melihat hal itu, Partner dan Presiden Kearney Indonesia, Shirley Santoso, menjelaskan bahwa masih ada beberapa tantangan yang masih harus dihadapi, seperti kesenjangan kesetaraan digital dan juga masalah struktural pada pendidikan, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Inisiatif digitalisasi di seluruh mata rantai industri telah dimulai meskipun masih terbatas, sehingga menghambat populasi usia kerja untuk SDM yang produktif dengan keterampilan utama untuk berkembang di dunia kerja masa depan,” ucap Shirley dalam Media Briefing di Jakarta, 30 Mei 2023.

Shirley, menambahkan bahwa, Indonesia saat ini menyumbang sebanyak 40% dari ekonomi digital Asia Tenggara, namun sebagian besar penduduk masih belum dibekali dengan keterampilan teknologi dasar yang dibutuhkan.

Sehingga, menurut Principal Kearney Indonesia, Rohit Sethi, perlu adanya pengembangan infrastruktur pendidikan di Indonesia untuk mendukung ekosistem digital yang kuat bersama dengan pemerintah pusat, swasta, BUMN, dan lainnya

“Pendanaan yang cukup dari pemerintah dapat mendukung pengembangan ekosistem pendidikan secara digital,” ujar Rohit dalam kesempatan yang sama.

Adapun, saat ini langkah awal yang telah diambil oleh pemerintah untuk menyiapkan keterampilan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja di masa depan, melalui pembentukan platform Digital Talent Scholarship oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Dengan membekali tenaga kerja dengan keterampilan digital yang diperlukan, Indonesia akan lebih siap untuk bersaing di pasar global dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” tambah Shirley. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

BI: Indeks Keyakinan Konsumen September 2024 Terjaga di Level Optimis

Jakarta – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada September 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap… Read More

5 mins ago

Level Up! Bank Mandiri Hadirkan ‘Wajah Baru’ Livin’ by Mandiri

Jakarta - Bank Mandiri meluncurkan ‘wajah baru’ aplikasi Livin' by Mandiri. Pembaruan ini dirancang untuk… Read More

10 mins ago

Berbalik Arah, IHSG Sesi I Ditutup Menguat 0,37 Persen

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini, Selasa, 8… Read More

13 mins ago

Menimbang Pembentukan Badan Percepatan Penyelenggaraan Perumahan

Oleh Paul Sutaryono, Pengamat Perbankan, Assistant Vice President BNI (2005-2009), Staf Ahli Pusat Studi Bisnis… Read More

47 mins ago

Survei BI: Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja Meningkat pada September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan indeks ketersediaan lapangan pekerjaan pada September 2024 mengalami peningkatan. Hasil survei konsumen… Read More

2 hours ago

Jokowi Klaim Proses Transisi ke Pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Berjalan Mulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) update soal transisi pemerintahan ke presiden terpilih. (Foto: istimewa) Read More

2 hours ago