Ekonomi dan Bisnis

Menteri Teten Masduki Sebut Potensi Belanja Produk UMKM Tembus Rp2.000 T

Jakarta – Menteri Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengungkapkan, potensi belanja produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam negeri terbilang jumbo. Nominalnya ditaksir bisa mencapai Rp2.000 triliun.

“Potensi belanja UMKM sangat besar. Misalnya saja dari BUMN bisa Rp500 triliun untuk membeli produk-produk UMKM, dari IKN bisa Rp400 triliun hingga pemerintah bisa Rp500 triliun. Jadi, ada potensi sebesar Rp2.000 triliun untuk membeli produk UMKM,” katanya dalam acara INABUYER B2B2G EXPO 2023, dikutip, Rabu, 5 Juli 2023.

Melihat potensi besar tersebut, pihaknya akan melaporkan langsung kepada Presiden Joko Widodo untuk selanjutnya menunggu arahan dalam melakukan implementasi di lapangan.

“Saya akan segera melaporkan kepada presiden untuk kemudian menagih bagaimana implementasinya,” jelasnya.

Baca juga: Bank Jago Bantu Pengelolaan Keuangan Digital UMKM

Selama ini kata Teten, UKM berperan penting dalam menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi di Tanah Air di tengah ketidakpastian perekonomian global saat ini.

Untuk itu, para pelaku UMKM di Tanah Air harus disokong oleh pemerintah. Salah satunya, mendorong mereka masuk ke rantai pasok industri yang bisa dilakukan melalui perhelatan INABUYER B2B2G EXPO 2023. 

Pasalnya, acara ini merupakan buah kolaborasi bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).

“Sangat penting bagi UMKM dapat mengakses ke rantai pasokan industri dalam membantu pembiayaan. Apabila, terdapat kepastian barang dibeli, maka bank maupun modal ventura akan semakin yakin dan tidak ragu memberikan pinjaman kepada mereka,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

5 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

6 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

19 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

20 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

20 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

20 hours ago