Menteri Susi Minta Lulusan Pendidikan KKP Jadi Nelayan Mandiri

Menteri Susi Minta Lulusan Pendidikan KKP Jadi Nelayan Mandiri

Jakarta–Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap lulusan satuan pendidikan KKP dapat menjadi pelaku utama dan usaha mandiri di sektor kelautan dan perikanan.

“Saya ingin SUPM (Sekolah Usaha Perikanan Menengah) kita tidak memproduksi TKI, apalagi di kapal-kapal ikan asing. Lebih senang jika mereka terjun punya kapal 11 meter,” ungkap Menteri Susi di Kantor Pusat KKP, Jakarta, Jumat, 27 Januari 2017.

Karena itu, ia memberikan sejumlah arahan kepada jajarannya untuk dapat menindaklanjuti hal tersebut. Ditjen Perikanan Tangkap coba diminta untuk menawarkan dan memberi bantuan anak-anak SUPM dan Politeknik yang baru lulus untuk jadi nelayan.

“Dia lebih baik mandiri jadi entrepreneur kecil, daripada jadi TKI di kapal ikan asing. BLU manfaatkan. Kita masukkan mereka ke SKPT-SKPT (Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu) yang kita bangun, di Morotai, dan dimana-mana. Tanya lulusan siapa yang mau jadi nelayan mandiri? Kita kasih kapal, kita jaring mereka jadi wirausaha dan pelaku utama,”  jelasnya. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Related Posts

News Update

Top News