Ekonomi dan Bisnis

Menteri BUMN Dorong Semua Pihak Bersinergi Pulihkan Sektor Pariwisata

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Thohir mendorong semua pihak untuk membantu memulihkan sektor pariwisata Indonesia yang masih terguncang akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, dengan bersinergi bisa memastikan ekonomi domestik untuk tetap tumbuh positif.

“Kita total penduduk 273 juta salah satu yang terbesar di dunia artinya ini market yang sangat besar, makanya semua berlomba-lomba untuk menarik kita keluar negeri, boleh ke luar negeri, tapi kita musti mengetuk hati kita, pada saat Covid kita bergotong royong menyelamatkan negeri ini sendiri, akhirnya ekonomi kita tumbuh 5%. Nah jangan sesudah Covid semua lupa diri,” ujar Eric dalam acara Garuda Indonesia Travel Fair 2022, di ICE BSD, Jumat, 28 Oktober 2022.

Lanjutnya, saat ini pandemi sudah terkendali, namun masih banyak masyarakat di daerah yang masih memerlukan dorongan pertumbuhan ekonomi yang belum sepenuhnya pulih.

“Ayo, Saya mengetuk hati yang ada di sini bangkitkan pariwisata nasional. Boleh keluar negeri sekali di indonesianya 2 kali, jangan semuanya ke luar negeri ini yg harus kita dorong,” tegasnya.

Selain itu, BUMN juga bergerak dalam membantu pemulihan sektor pariwisata nasional, seperti membangun destinasi-destinasi wisata baru di berbagai daerah.

“Kami di BUMN tidak tinggal diam. Kami membangun di Lampung, Bakauheni Park, kawasan pariwisata baru di Lampung insya Allah maret selesai. Kita bangun hotel di sana, Di Riau juga kita bangun, ada sungai kita bangun jadi daerah wisata, di Labuan Bajo kita bangun hotel, pelabuhan dan airport. Ini aset-aset BUMN,” jelasnya.

Eric juga menambahkan, jika Indonesia ingin menjadi negara yang besar sesuai dengan cita-cita 100 tahun Indonesia merdeka di tahun 2045, Indonesia harus bisa mandiri. “Kita tidak anti asing, tapi ingat waktu covid, kita sukses karena diri kita sendiri,” pungkasnya. (*) Irawati

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

2 hours ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

3 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

4 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

4 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

4 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

5 hours ago