Menparekraf Targetkan 244 Desa Wisata Mandiri di 2021

Menparekraf Targetkan 244 Desa Wisata Mandiri di 2021

Menparekraf Targetkan 244 Desa Wisata Mandiri di 2021
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno menargetkan akan ada 244 Desa Wisata yang bisa masuk dalam kategori Desa Wisata Mandiri pada tahun 2021. Desa Wisata yang mampu masuk di kategori tertinggi tersebut akan mampu mendorong perekonomian daerahnya.

Hingga saat ini, sudah ada 1.500 Desa Wisata Rintisan yang terdaftar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Menurut Kemenparekraf, saat ini terdapat empat kategori desa wisata. Kategori tersebut adalah, pertama desa wisata rintisan; kedua, desa wisata berkembang; ketiga, desa wisata maju; dan keempat, desa wisata mandiri.

“Desa Mandiri ini equivalent dengan unicorn. Kita ingin menghasilkan 244 unicorn tahun ini dari 1500 Desa Rintisan,” jelas Sandiaga pada paparan virtualnya, di Jakarta, Kamis, 15 Juli 2021.

Sandiaga mengungkapkan, desa wisata ini merupakan salah satu destinasi penting karena akan mampu mendorong ekonomi di daerahnya. Apalagi, semakin populernya tren remote working atau bekerja dari destinasi yang unik, akan membuat desa wisata menjadi salah satu tujuan bagi para turis yang ingin bekerja di luar ruangan.

Lebih jauh, ada beberapa langkah yang ditempuh oleh Kemenparekraf untuk memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Langkah-langkah tersebut adalah peningkatan kapasitas SDM, revitalisasi destinasi wisata dan infrastruktur ekraf, peningkatan resiliensi dan daya saing usaha, inovasi produk dan jasa, serta pemulihan dan perluasan pasar. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]