Headline

Menkeu: Tax Amnesty Bukan Jebakan Batman

Jakarta–Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro memberikan garansi bahwa kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) yang saat ini RUU-nya sedang dibahas Panja DPR, bukan “jebakan Batman”. Untuk itu, saran Menkeu, para wajib pajak tak perlu khawatir.

“Saya tegaskan bahwa tax amnesty bukan jebakan Batman, yakni menarik wajib pajak di luar negeri terus kita kenakan macam-macam,” ujar Menkeu usai buka puasa bersama pimpinan media massa di Jakarta, Kamis malam, 16 Juni 2016.

Menkeu memastikan bahwa data-data wajib pajak untuk keperluan tax amnesty tidak bisa dijadikan alat bukti, data awal penyelidikan, atau untuk keperluan pengadilan lainnya.

Menurut Menkeu, semangat tax amnesty adalah repatriasi, menarik masuk dana-dana dan kekayaan wajib pajak yang disimpan di luar negeri yang selama ini tidak dilaporkan dalam surat pemberitahunan (SPT) tahunan pajak.

Selain itu, deklarasi, yakni melaporkan dana atau kekayaan wajib pajak di dalam negeri yang selama ini diatasnamakan orang lain. “Jangkan dipikir hanya terkait dana yang di luar negeri, dana yang di dalam negeri juga besar,” ungkapnya.

Menkeu menjamin, setelah wajib melaporkan dengan benar kekayaannya, mereka akan merasa lega dan bebas menginvestasikan dana tersebut ke mana saja tanpa ketakutan diperiksa aparat pajak.

“Tapi, tax amesty ini hanya terkait pajak, tidak menghilangkan unsur hukumnya jika wajib pajak tersangkut masalah hukum,” ujar Menkeu menjawab pertanyaan jika wajib pajak tersangkut masalah hukum seperti kasus BLBI.

Menurut Menkeu, berdasarkan data internal pemerintah, ada 214.488 perusahaan cangkang (special purpose vehicle/SPV) dan 6.519 rekening di luar negeri yang dimiliki oleh warga negara Indonesia dan belum dicatatkan asetnya. Nilai lebih dari Rp 11.450 triliun selama periode 1995-2015. (*) Darto Wiryosukarto

 

 

Editor: Paulus Yoga

Paulus Yoga

Recent Posts

UU PDP Berlaku, Pentingnya Edukasi Pidana dan Gugatan Pelindungan Data Pribadi

Jakarta – Undang-undang (UU) Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (PDP) resmi berlaku… Read More

32 mins ago

Perkuat Kemandirian Ekonomi Masyarakat Bali, BSI Resmikan Sentra UMKM Bedugul

Direktur Compliance and Human Capital PT Bank Syariah Indonesia tbk (BSI) Tribuana Tunggadewi memberikan sambutan… Read More

2 hours ago

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

2 hours ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif Tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

2 hours ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

3 hours ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

3 hours ago