Menkeu: Pandemi Covid-19 Masih Jadi Tantangan Ekonomi 2022

Menkeu: Pandemi Covid-19 Masih Jadi Tantangan Ekonomi 2022

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai, kondisi pandemi covid-19 di dunia masih akan menjadi tantangan terhadap pemulihan ekonomi hingga tahun 2022 ke depan.

Sri Mulyani mengatakan, saat ini kasus harian covid-19 di seluruh dunia terus meningkat dengan mencapai lebih dari 800 ribu kasus per hari. Tak hanya itu, bermunculannya berbagai varian baru covid-19, serta adanya gelombang baru pandemi di berbagai negara juga turut menghambat pemulihan ekonomi global.

“Varian baru mungkin akan menimbulkan komplikasi dalam penanganan covid. Pada saat yang sama kita melihat meskipun program vaksinasi dimulai di seluruh dunia, namun aksesnya tidak merata,” kata Sri Mulyani dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 secara virtual di Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

Beberapa faktor eksternal dan internal lain juga dinilai masih akan mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia hingga tahun 2022 mendatang. Perkembangan ini tentunya lanjut Sri Mulyani akan mempengaruhi kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) hingga 2022 mendatang.

“Perubahan kebijakan fiskal moneter di negara maju yang pasti menimbulkan spillover. Apakah itu dalam bentuk inflasi, suku bunga global, dan kemudian berujung kepada volatilitas nilai tukar,” tambahnya.

Ia juga menilai, disparitas pemulihan ekonomi dunia juga akan menyebabkan perubahan atau dinamika antar negara termasuk dari sisi stimulus Pemerintahan maupun kemampuan untuk memperoleh vaksin. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News