Menkeu Optimis Ekonomi Kuartal II-2021 Bisa di Atas 7%

Menkeu Optimis Ekonomi Kuartal II-2021 Bisa di Atas 7%

Menkeu Optimis Ekonomi Kuartal II-2021 Bisa di Atas 7%
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 masih mampu menembus angka 7%. Menkeu mengungkapkan, beberapa indikator perekonomian menunjukkan pertumbuhan yang kuat selama kuartal II-2021.

“Kita masih optimis diatas 7% karena pada April, Mei, hingga pertengahan Juni masih cukup kuat (pertumbuhan ekonomi),” jelas Sri Mulyani dalam paparan virtualnya di Jakarta, Senin, 12 Juli 2021.

Meski demikian, Menkeu mengingatkan, gelombang peningkatan kasus Covid-19 yang kedua kali bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi akibat berkurangnya mobilitas masyarakat. “Namun kita sadari bahwa risiko mulai melonjak dan ini berarti akan mempengaruhi pada sisi konsumsi masyarakat, terutama masyarakat menengah atas yang akan terpengaruh oleh penurunan mobilitas,” tambahnya.

Lebih jauh, Kemenkeu memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun 2021 berada di kisaran 3,7% – 4,5%. Skenario terbaik bisa terwujud apabila kasus Covid-19 mampu dikendalikan dengan cepat.

“4,5% itu jika kita bisa menjaga Covid di level moderat dan segera beraktivitas dan mobilitas kembali pulih pada bulan Agustus. Kalau agak panjang, kita bisa turun di kisaran 3,75%,” ucap Sri Mulyani. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]