News Update

Menkeu: Insentif PPnBM buat Penjualan Mobil Naik 10,5%

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, insentif pajak berupa relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah (DTP) telah mendongrak konsumsi masyarakat khususnya penjualan mobil di bulan Maret 2021.

Kementerian Keuangan sendiri mencatat, hingga Maret 2021 penjualan mobil dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencapai 84,9 ribu unit atau naik hingga 10,5% bila dibandingkan dengam periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Menkeu mengatakan, pertumbuhan konsumsi mobil pada Maret 2021 meroket hingga 72,6%. Kondis ini ditegaskannya menjadikan konsumsi mobil sudah masuk posisi normal sebelum Pandemi Covid-19.

“Ini berarti menunjukkan kita menuju situasi normalisasi. Kita harap ini akan terus bertahan,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis 22 April 2021.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pertumbuhan konsumsi mobil mayoritas berasal dari mobil niaga dan mobil penumpang. Dengan demikian, indikator aktivitas perekonomian mulai bergerak dari sisi produksi dengan peningkatan mobil niaga maupun sisi konsumsi dari mobil penumpang.

Sementara itu, dari sisi produksi mobil sendiri juga diklaim mengalami lonjakan yang besar. Tetcatat berdasarkan data Maret 2021 produksi mobil dalam negeri mencapai 101,9 ribu atau naik 121,2% bila dibandingkan dengan produksi pada Februari 2021. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

12 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

13 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

13 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

13 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

14 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

15 hours ago