News Update

Menkeu Incar Piutang BLBI Rp110,45 Triliun Balik dalam 3 Tahun

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan, Pemerintah terus memburu aset piutang Bantuan Likuididas Bank Indonesia (BLBI) senilai Rp110,45 triliun. Dirinya bahkan optimis piutang negara tersebut bisa kembali ke negara dalam waktu tiga tahun.

“Jadi harapannya dalam tiga tahun ini sebagian besar atau keseluruhan bisa kami dapatkan kembali hak negara,” ujar Sri Mulyani melalui video conference di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat 4 Juni 2021.

Sri Mulyani menjelaskan, piutang BLBI tersebut berasal dari krisis perbankan pada tahun 1997-1998. Saat itu, negara melakukan bail out melalui BLBI melalui kucuran dana dari Bank Central. 

Sri Mulyani juga mengungkapkan, dari total piutang dana BLBI tersebut, terdapat 22 pihak obligor dan 12.000 berkas debitur. Meski demikian, pemerintah enggan menyebutkan 22 nama obligor tersebut.

Sri Mulyani melanjutkan, pemerintah tak akan tebang pilih untuk menagih aset negara tersebut. “Prioritasnya siapa saja? Tentu kalau sudah prioritas berarti sudah jelas ada hak tagihnya kita lakukan saja. Semua prioritas, sebab kan sudah 20 tahun,” pungkasnya.

Sebagai informasi saja, Presiden Jokowi  pada April 2021 lalu, juga telah menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) No.6/2021 tentang Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI. Nantinya, Satgas juga akan melibatkan lembaga anti korupsi internasional, The United Nations Convention against Corruption (UNCAC), karena ada beberapa obligor dan debitur yang saat ini berada di luar negeri. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Dharma Polimetal (DRMA) Sukses Bukukan Penjualan Rp4 Triliun di Kuartal III-2024

Jakarta – PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), emiten terkemuka dalam manufaktur komponen otomotif di Indonesia,… Read More

7 mins ago

Tingkatkan Layanan Digital, Bank Banten Hadirkan Fitur Pembayaran QRIS di Jawara Mobile

Tangerang – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk terus meningkatkan fitur di aplikasi mobile banking,… Read More

39 mins ago

Perbaiki Tata Kelola, Pembiayaan KB Bukopin Finance Melonjak 193,99 Persen per September 2024

Jakarta – Upaya perbaikan yang dilakukan KB Bukopin Finance (KBBF) selama dua tahun terakhir berbuah… Read More

58 mins ago

Legislator Sebut Pertamina Mampu Dukung Swasembada Energi, Ini Alasannya

Jakarta - Anggota Komisi XII DPR Eddy Soeparno optimistis Pertamina mampu mendukung upaya Pemerintahan Prabowo… Read More

2 hours ago

Selamatkan Sritex! Prabowo Perintahkan Empat Menteri “Turun Gunung”

Jakarta - Presiden Prabowo Subianto memerintahkan empat menteri Kabinet Merah Putih 'turun gunung' untuk mengkaji… Read More

3 hours ago

Gojek Tingkatkan Literasi Keuangan Mitra, Tekankan Bahaya Judi Online

Jakarta - Platform transportasi online, Gojek sebagai bagian dari grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk… Read More

18 hours ago