Menkeu Apresiasi Inisiatif Pembiayaan Hijau Dari ADB

Menkeu Apresiasi Inisiatif Pembiayaan Hijau Dari ADB

Menkeu Apresiasi Inisiatif Pembiayaan Hijau Dari ADB
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Glasgow – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan yang digelar oleh Asian Development Bank (ADB) yaitu High-Level Event Conference of the Parties 26 (COP26) di Glasgow, Skotlandia. Dalam event tersebut, Menkeu mengapresiasi dan menyambut baik upaya dari ADB untuk menyediakan pembiayaan hijau melalui ASEAN Catalytic Green Finance Facility (ACGF).

“Saya berharap ACGF dapat menjadi kekuatan ASEAN untuk mempercepat upaya pemulihan ekonomi dari pandemi dan isu perubahan iklim menuju pemulihan hijau,” jelas Sri Mulyani seperti unggahan media sosialnya yang dikutip 3 November 2021.

Menkeu mengungkapkan pembiayaan menjadi salah satu poin penting untuk mempercepat transisi energi menuju pemulihan ekonomi yang berkelanjutan. Asia Tenggara memiliki potensi sebagai kawasan paling cepat berkembang, tapi juga menjadi wilayah yang memiliki risiko besar terpapar dampak perubahan iklim tersebut.

Dalam unggahannya, Menkeu juga menjelaskan bahwa Indonesia telah menetapkan Peraturan Presiden mengenai instrumen nilai ekonomi karbon yang akan mengatur mekanisme karbon. Selain itu, Energi Transition Mechanism (ETM) yang diinisiasi Indonesia dan ADB juga diharapkan dapat mendukung proses transisi energi yang lebih cepat.

Selain pertemuan dengan ADB, Menkeu juga sudah bertemu dengan beberapa tokoh penting untuk membahas investasi ekonomi hijau. Salah satunya adalah Executive Chairman Amazon, Jeff Bezos yang membahas mengenai arah investasi di Indonesia di bidang renewable energy dan manufaktur solar.

Indonesia memiliki berbagai potensi sumber daya renewable. Hal ini sejalan dengan upaya global untuk menurunkan emisi karbon dan efek rumah kaca untuk menghindari bencana perubahan iklim. Untuk itu, peranan swasta dalam negeri dan global sangat penting dalam keberhasilan upaya tersebut. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]