Mengenal Tiga Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK

Mengenal Tiga Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK

Mantan Pejabat BI Dian Ediana Rae Dilantik Jadi Kepala PPATK
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (Pansel DK OJK) meloloskan 21 nama calon DK OJK dan 3 diantaranya memperebutkan kursi Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK. Ketiga calon tersebut adalah, Dian Ediana Rae, Agusman, dan Ogi Prastomiyono.

Lalu bagaimana profil ketiga calon ini? Calon pertama, Dian Ediana Rae mengawali karirnya di Bank Indonesia (BI). Ia pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia untuk Eropa di London pada 2010- 2013.

Ia juga pernah menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI yang kewenangannya meliputi daerah Jawa Barat dan Banten pada 2013-2014 dan Kepala Departemen Regional I Bank Indonesia pada 2014-2016. Kemudian sejak 2016 hingga 2020, ia menjabat sebagai Wakil Ketua PPATK dan akhirnya diangkat sebagai Ketua selama periode 2020 hingga 2021.

Kemudian, calon kedua adalah Agusman yang juga berasal dari BI sejak 1992. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Surveillance Sistem Keuangan (2016-2017), Kepala Departemen Komunikasi (2017-2019), dan Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan (2019). Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif – Kepala Departemen Audit Internal sejak tahun 2020.

Lalu, calon ketiga, Ogi Prastomiyono adalah seorang bankir. Ia mengawali karirnya sebagai staff Bank Export Import (Bank Exim). Perlahan, karirnya terus meningkat dan ia memegang beberapa jabatan penting seperti Kepala Seksi Biro Kredit Bank Exim (1991), Head Department ALCO Bank Exim (1997), dan Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan Bank Exim (1999).

Seiring dengan merger Bank Exim dengan Bank Mandiri di 1999, Ogi diangkat menjadi Group Head of Compliance di Bank Mandiri. Di akhir tahun 2003, ia ditunjuk sebagai Director di Bank Syariah Mandiri, namun kembali lagi ke Bank Mandiri sebagai Group Head of Compliance pada 2005. Lalu sejak 2007 hingga sekarang ia aktif menjadi Direktur Compliance and Human Capital Bank Mandiri.

Inilah tiga profil calon-calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK yang telah lolos seleksi Pansel. Adapun proses selanjutnya adalah ketiganya akan disaring oleh Presiden Joko Widodo dan DPR untuk dipilih menjadi Ketua DK OJK. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]