Mengenal Mba Rara, Si Pengendali Hujan Mandalika

Mengenal Mba Rara, Si Pengendali Hujan Mandalika

Pengendali Hujan Mandalika
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Rara Istiati Wulandari atau yang dikenal dengan sapaan Mba Rara menjadi perbincangan warganet setelah ia tampil sebagai pawang hujan di gelaran MotoGPP 2022. Mba Rara berhasil menghentikan hujan yang sempat deras mengguyur Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Diberitakan bahwa hujan turun pukul 14.00 WITA tepat setelah race Moto3 selesai. Balapan MotoGP yang awalnya dijadwalkan mulai pukul 15.00 WITA atau 14.00 WIB terpaksa harus ditunda karena hujan deras dan baru dimulai pada pukul 15.15 WIB.

Mba Rara yang lahir pada 22 Oktober 1983 di Papua tersebut diketahui masih keturunan darah biru. Ia memiliki nama lengkap Raden Roro Istiati Wulandari dan seorang penganut kejawen berdarah Jawa yang kini tinggal di Bali. Mba Rara mengaku dirinya sudah belajar menjadi seorang pawang hujan sejak usia sembilan tahun.

Dalam aksinya menghalau hujan Mba Rara menggunakan mangkok berwarna emas atau yang biasa disebut singing bowl sebagai alat ritualnya. Di Sirkuit Mandalika terlihat sesekali Mba Rara membaca mantra dan mengangkat alat-alat ritualnya ke arah langit saat hujan turun deras.

Selain itu ritual khusus yang harus dilakukan Mba Rara Ketika sedang bertugas adalah dengan memastikan dirinya tidak kelaparan. Mba Rara juga menjelaskan bahwa ia tidak menikah dan tidak memakan hewan berkaki empat.

Sepak terjang Mba Rara sebagai seorang pawang hujan ternyata sudah melanglang buana. Selain MotoGP 2022, Mba Rara juga pernah menangani kegiatan-kegiatan akbar lain seperti Asian Games 2018, vaksinasi massal, hingga kampanye Presiden Jokowi. Perempuan yang diketahui bisa menghalau dan mendatangkan hujan ini mendapatkan bayaran hingga tiga digit untuk 21 hari kerjanya di gelaran MotoGP Mandalika. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

No Content Available

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]