Mengelola THR Ala Asuransi Astra

Mengelola THR Ala Asuransi Astra

Mengelola THR Ala Asuransi Astra
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Jelang lebaran identik dengan tunjangan hari raya (THR). Uang tambahan tersebut seringkali digunakan untuk membagikan amplop THR, berbelanja berbagai barang, hingga mengupgrade gadget. Namun, jarang yang mengalokasikannya untuk kebutuhan jangka panjang seperti investasi maupun asuransi.

Untuk mensosialisasikan manajemen keuangan yang lebih baik, Asuransi Astra menggelar webinar #THRBisaDiatur Sosok lbu sebagai Manager Keuangan Rumah Tangga. Dengan demikian, setiap keluarga dapat mengalokasikan keuangannya dengan lebih bijak.

Teddy Suryawan, Chief Digital Officer Asuransi Astra memaparkan pentingnya mengubah stigma THR ini menjadi uang untuk melindungi risiko finansial dengan menghindari pengeluaran membengkak secara mendadak. Salah satu caranya adalah dengan mengalokasikan THR untuk langkah antisipasi kejadian tak terduga karena tentu di momen lebaran ini kita semua ingin merasakan peace of mind di berbagai momen tanpa khawatir. Salah satu yang sering terjadi adalah sakit akibat konsumsi makanan tidak sehat dan perubahan cuaca.

“Asuransi Astra menghadirkan produk asuransi kesehatan rawat jalan perorangan berbasis digital, yaitu Garda Healthtech yang memberikan perlindungan menyeluruh, kemudahan dalam mengaksesnya, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jadi selain keluarga terlindungi akan risiko biaya membengkak karena sakit, keuangan juga tetap dapat terlindungi,” ujar Teddy.

Guna berikan fleksibilitas coverage produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, Garda Healthtech yang bekerja sama dengan Halodoc menghadirkan tiga pilihan paket, yaitu Fit, Classy, dan Ultima. Mulai dari Rp500ribu per-tahun, pelanggan dapat melakukan konsultasi online dengan dokter terpercaya, mendapatkan obat yang diresepkan dokter yang dapat diantar langsung ke rumah, hingga lanjutan konsultasi tatap muka apabila mendapat rujukan.

Untuk memberikan perlindungan menyeluruh di momen yang spesial dan agar #THRBisaDiatur, Garda Healthtech mengadakan diskon hingga 15% mulai dari 1-27 April 2021. Untuk berbagai detail dari masing-masing paket dan informasi lebih lanjut mengenai produk Garda Healthtech bisa didapatkan dengan mengunjungi bit.ly/gardahealthtech.

Pada kesempatan yang sama, Putri Madarina, seorang Certified Financial Planner (CFP) & Influencer juga memaparkan bagaimana mengatur perencanaan keuangan terutama bagi para sosok ibu yang menjadi pengelola keuangan rumah tangga.

“Menjadi sosok pengelola keuangan tentu bukanlah hal yang mudah karena melakukan perencanaan keuangan dalam sebuah keluarga ini merupakan bentuk tanggung jawab baik untuk diri sendiri, keluarga, hingga masa depan. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih dalam, Putri Madarina mengawali pemaparannya dengan melakukan 4 tahapan check-up keuangan terlebih dahulu,” ucap Putri Madarina.

Adapun yang dijelaskan Putri adalah dimulai dari mengetahui dan menghitung sumber pendapatan baik bulanan seperti gaji atau tahunan seperti THR ataupun bonus.

Selanjutnya detailkan dan hitung pengeluaran kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan dapur, listrik, air, dan lainnya. Setelah mengetahui dua hal tadi, barulah kita melakukan finalisasi cash budget secara bulanan maupun tahunan dan mempersiapkan dana darurat dengan rasio 3x pengeluaran bagi yang single, 6x pengeluaran bagi yang sudah menikah, dan 12x pengeluaran bagi yang sudah memiliki anak. Dengan begitu, keuangan rumah tangga dapat dinyatakan keluar dari defisit keuangan. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]