Menganalisa Langkah RDG BI Besok

Menganalisa Langkah RDG BI Besok

penyaluran kredit perbankan di Maret 2018 Tumbuh 8-9%

Jakarta – Kepala Ekonom BNI, Ryan Kiryanto memperkirakan peluang penurunan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) cukup besar.

Hal ini mempertimbangkan ekspektasi inflasi yang rendah (3,3% FY) dan arah gerakan suku bunga acuan di sejumlah negara yang menurun bahkan ada yang negatif, termasuk penurunan GWM dan kebijakan quantitative easing.

“Maka ada peluang BI dalam RDG BI besok, Kamis, 19 September 2019, menurunkan bunga acuan (BI7DRRR) sebesar 25 bps menjadi 5,25%. Sementara Lending facility rate dan Deposit facility juga akan turun 25 bps,” ujar Ryan Kiryanto, Rabu, 18 September 2019.

Langkah ini kata Ryan dimaksudkan untuk memberikan stimulan bagi perbankan untuk meningkatkan ekspansi kreditnya seiring dengan melonggarnya likuiditas bank sehingga momentum pertumbuhan tetap bisa dilanjutkan.

Kalaupun RDG BI belum akan menurunkan BI rate di RDG besok,  maka terbuka peluangnya RDG BI mengeluarkan kebijakan makroprudensial untuk membantu melonggarkan likuiditas bank dengan cara merelaksasi ketentuan GWM yang diturunkan atau bisa pula dengan merelaksasi aturan tentang RIM yang semangatnya juga menstimulasi suku bunga simpanan bergerak turun supaya permintaan kredit melonjak guna menopang pertumbuhan ekonomi.

Dengan begitu tambahnya BI bisa memilih menggunakan kebijakan moneter melalui penurunan BI rate atau menggunakan kebijakan makroprudensial melalui mekanisme RIM, GWM atau lainnya.

“Agak sulit bagi BI untuk menggunakan kedua kebijakan tadi sekaligus (bauran kebijakan) dalam keputusan RDG BI besok karena faktor eksternal (trade war, Brexit, geopolitik) yang masih membayangi,” jelasnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News