Mendag: Tjahjo Kumolo Sosok Teman Yang Peduli Antar Sesama

Mendag: Tjahjo Kumolo Sosok Teman Yang Peduli Antar Sesama

Mendag: Tjahjo Kumolo Sosok Teman Yang Peduli Antar Sesama
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo dikenal sebagai sosok yang peduli dan perhatian antar sesama.

Demikian disampaikan oleh teman sejawatnya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat, 1 Juli 2022. Menurutnya, Tjahjo Kumolo merupakan sosok kerabat yang perhatian terhadap teman dan cerdas dalam mengambil keputusan.

“Turut duka cita mendalam sahabat, Insya Allah husnul khotimah. Dia (Pak Tjahjo) merupakan seorang teman yang sangat perhatian, soal ucapan ulang tahun, hari raya kirim bunga tidak pernah luput,” ujar Zulkifli.

Tjahjo, kata Mendag, juga dikenal sebagai politisi senior yang sangat matang dalam menyikapi disetiap kondisi. Contohnya saja saat sedang melakukan rapat bareng dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPR RI.

“Kita sering rapat bareng bahas hal-hal yang sulit di DPR, Pak Thahjo dengan kecerdasan, kematangan, dan ketenangannya bisa menyelesaikan perbedaan-perbedaan yang ada menjadi suatu keputusan,” ungkap Zulkifli.

Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7). Menpan RB Tjahjo menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni.

Tjahjo disebut mengalami infeksi yang menyebar hingga paru-paru. Berdasarkan informasi yang beredar, jenazah Tjahjo Kumolo bakal dibawa ke rumah duka di Widya Chandra dan rencananya akan dimakamkan di TMP Kalibata.

Almarhum Tjahjo Kumolo meninggalkan seorang istri, Erni Guntari, serta tiga anak, yakni Rahajeng Widyaswari, Karunia Putripari Cendana, dan Arjuna Cakra Candrasa.

Tjahjo adalah kader PDI-P dan pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di partai berlambang banteng bermoncong putih itu. Sebelum menjabat sebagai Menpan-RB, Tjahjo juga pernah menduduki jabatan Menteri Dalam Negeri periode 2014-2019. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]