Categories: Keuangan

Mencegah Fraud di Industri Asuransi dengan Blockchain, Bagaimana Caranya

Jakarta – Sistem keuangan terdesentralisasi, Blockchain memiliki banyak manfaat yang bisa diterapkan dalam berbagai sektor industri, seperti insurtech. Budi Rahardjo, Technopreneur Bidang Keamanan Informasi mencontohkan, salah satu penerapan teknologi blockchain bisa mengurangi fraud yang kerap terjadi pada proses klaim asuransi.

“Saya kerumah sakit, dicharge Rp300 ribu tetapi Rumah Sakit klaim BPJS Rp700 ribu. Dengan Blockchain, hal ini tidak mungkin terjadi. Begitu tercatat Rp300 ribu akan tercatat di mana-mana dan mengurangi fraud,” jelas Budi pada pemaparan virtualnya, Kamis, 24 Maret 2022.

Pada kesempatan yang sama, Chia Hock Lai, Co-Founder Global Fintech Institute Singapore juga memberikan contoh kasus penerapan blockchain pada industri asuransi yang bisa memudahkan nasabah. Ia bercerita, salah satu perusahaan di New York sudah pernah melakukan eksperimen mengenai klaim asuransi penyakit diabetes dengan menggunakan blockchain.

“Hal yang terjadi adalah ketika seseorang didiagnosa dengan diabetes, klaim akan langsung dikirim karena kondisi dalam Smart Contract sudah terpenuhi,” jelasnya.

Chia Hock Lai mengungkapkan, penerapan teknologi Blockchain tersebut sudah bermanfaat dan berjalan sebagaimana mestinya. Meskipun demikian, ia mengungkapkan masih ada beberapa tantangan dalam penerapan teknologi baru ini dalam industri insurtech.

“Kesimpulannya adalah, teknologinya bekerja namun sayangnya perusahaan harus melakukan investasi besar agar proses tersebut lebih seamless dan user friendly,” ujarnya.

Budi dan Chia Hock Lai sepakat bahwa penerapan blockchain saat ini masih dalam tahap awal. Namun, masih diperlukan pengembangan lebih lanjut agar blockchain bisa diterapkan dalam sektor ekonomi seperti insurtech. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Evan Yulian

Recent Posts

BEI Buka-bukaan soal Nasib Listing Bank Muamalat

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) buka suara terkait rencana pencatatan saham alias listing PT Bank… Read More

29 mins ago

Akuisisi Bank Banten (BEKS), Bank Jatim (BJTM) Masih Negosiasi Harga Final

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim (BJTM) mengumumkan rencananya… Read More

56 mins ago

Kemendag: Efisiensi Tol Laut Dorong Pemerataan Ekonomi di Wilayah Terpencil

Jakarta - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Moga Simatupang menyatakan bahwa program… Read More

1 hour ago

Ribuan Peserta Ramaikan Lomba Nusantara TNI Fun Run yang Didukung Bank Mandiri

NUSANTARA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyelenggarakan acara Nusantara TNI Fun Run pada Minggu,… Read More

2 hours ago

IHSG Sesi I Parkir di Zona Hijau ke Level 7.500

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (7/10) bertahan… Read More

3 hours ago

Investor Simak! IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi 3 Sentimen Berikut

Jakarta - Pada satu pekan terakhir, yakni periode 30 September - 4 Oktober 2024, Indeks… Read More

4 hours ago