Internasional

Menang Telak Kaukus lowa, Trump Makin Dekat jadi Capres AS 2024

Jakarta – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menang telak dalam pemungutan suara Kaukus Iowa Partai Republik di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Senin 15 Januari 2024.

Kemenangan ini mengukuhkan statusnya sebagai kandidat terdepan dari Partai Republik saat dirinya berupaya untuk merebut kembali Gedung Putih pada 2024.

Dinukil Al Jazeera, Selasa (16/1), Trump dengan mudah mengalahkan mantan Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley dan Gubernur Florida Ron DeSantis.

Berdasarkan perhitungan sementara, Trump memenangkan setidaknya 20 dari 40 delegasi. Adapun DeSantis hanya memenangkan 8 delegasi dan Haley menerima 7 delegasi.

Baca juga: Donald Trump Dukung Politisi Republik Jim Jordan Jadi Ketua DPR AS

Seperti diketahui, Kaukus Iowa menjadi tahapan pertama pemilihan kandidat calon presiden dari Partai Republik untuk Pilpres AS 2024. Pemilihan kaukus dilakukan oleh tiap-tiap partai, baik Republik maupun Demokrat.

Menanggapi kemenangannya tersebut, Trump mengatakan bahwa pemilu 2024 merupakan pemilihan yang paling penting dalam sejarah AS.

“Saya merasa luar biasa. Sungguh suatu kehormatan bahwa beberapa menit setelah (proyeksi kemenangan) mereka benar-benar mengumumkan saya telah menang melawan persaingan yang sangat kredibel, persaingan yang hebat,” ucap Trump, dilansir CNN.

Kemenangan Besar Trump

Kemenangan Trump dalam pemungutan suara Kaukus lowa menunjukkan dominasinya yang terus berlanjut atas Partai Republik. Bahkan, ketika dirinya menghadapi permasalahan hukum yang semakin besar termasuk empat dakwaan pidana.

Pada hari Selasa, Trump diperkirakan hadir di pengadilan di New York ketika juri mempertimbangkan apakah dirinya harus membayar ganti rugi kepada seorang penulis atas dugaan kasus pelecehan seksual dan pencemaran nama baik.

Meski begitu, gugatan hukum terhadap Trump tidak banyak mengurangi dukungan terhadap dirinya di kalangan Partai Republik, yang banyak di antara mereka memandang kasus-kasus yang menimpanya bermotif politik.

Iowa sendiri memiliki catatan yang beragam dalam memprediksi calon dari Partai Republik. Misalnya saja, George W Bush adalah kandidat presiden Partai Republik terakhir yang memenangkan negara bagian tersebut pada tahun 2000.

Baca juga: Empat Kandidat Capres Partai Republik Siap Adu Skill Debat Pilpres AS

Namun negara bagian Midwestern yang sebagian besar merupakan wilayah pedesaan dipandang sebagai batu loncatan penting bagi kandidat yang bersaing untuk mendapatkan delegasi di New Hampshire, Nevada, dan Carolina Selatan.

Banyak pemilih Partai Republik di Iowa menilai Trump sebagai kandidat terbaik untuk mengatasi kekhawatiran mereka terhadap perekonomian, tingginya jumlah pengungsi dan migran yang tiba di perbatasan selatan, serta ketidakstabilan global.

“Kami membutuhkan sesuatu yang berbeda dari apa yang kami lakukan sekarang. Ini tidak bekerja. Saya menghasilkan lebih banyak uang daripada sebelumnya, dan sekarang saya menjadi broker dibandingkan sebelumnya,” tandas David Brunell, seorang pendukung Trump sebelum kaukus dimulai.

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

7 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

7 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

8 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago