Memulai Investasi di Usia 20, Ini 5 Instrumen yang Jadi Rekomendasi

Memulai Investasi di Usia 20, Ini 5 Instrumen yang Jadi Rekomendasi

Robot Trading
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bagi yang menginjak usia 20 tahunan, tentu menyadari jika ada banyak hal baru yang terjadi dalam hidup. Di samping itu, pada kisaran usia tersebut juga umumnya mulai terlihat bagaimana kondisi dunia sebenarnya. Jadi, tidak mengherankan jika usia 20 sampai 30 tahun kerap disebut sebagai Twenty Something yang berarti apapun bisa terjadi, mulai dari masalah percintaan, karier, hingga keuangan. 

Yang terpenting, terlepas dari apapun yang terjadi pada kisaran usia tersebut, mempelajari banyak hal baru tetap harus dilakukan. Salah satu contohnya adalah terkait keuangan dengan mempelajari dan memulai yang namanya berinvestasi. Ya, investasi adalah salah satu hal yang penting untuk dipahami sedini mungkin guna mendapatkan beragam manfaat di masa depan. 

Dengan berinvestasi, tentu bisa lebih cepat mencapai tujuan keuangan jangka panjang maupun jangka pendek. Yang terpenting, sesuaikan pilihan instrumen investasi dengan kebutuhan dan profil risiko agar rencana mencapai target keuangan bisa lekas terwujud. Nah, bagi yang masih berada di kisaran usia 20 tahunan dan ingin mencoba berinvestasi, simak 5 rekomendasi instrumen investasi yang layak dijadikan pilihan berikut ini.

1. Investasi Emas

Di antara banyaknya instrumen investasi yang bisa dipilih oleh investor pemula, emas menjadi salah satu yang tidak boleh lewat dari perhatian. Emas adalah jenis investasi yang bisa dibilang paling mudah untuk ditekuni oleh investor dari berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan emas merupakan komoditas yang pasti dicari oleh banyak orang dan tak akan pernah sepi peminat. 

Tidak hanya emas batangan, Anda juga bisa berinvestasi emas berupa perhiasan. Yang terpenting, sesuaikan investasi emas ini dengan budget agar kondisi keuangan tetap terjaga. 

Di samping itu, emas juga memiliki tingkat likuiditas yang tergolong tinggi karena umumnya tidak butuh waktu lama untuk bisa dijual kembali. Jadi, risiko investasi emas ini relatif lebih aman dan terkendali, serta fleksibel disesuaikan dengan jangka waktu investasi yang dikehendaki.

2. Reksa Dana 

Selain emas, investasi melalui reksa dana juga menjadi pilihan yang layak untuk dipertimbangkan oleh investor muda. Ada beragam keunggulan yang dimiliki oleh reksa dana jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Yang pertama adalah minimal pembelian reksa dana terbilang sangat terjangkau, yakni mulai dari 10 ribu Rupiah saja. 

Hal ini dikarenakan cara kerja reksa dana yang menampung dana dari banyak investor sekaligus. Kemudian, dana yang telah terkumpul tersebut akan dikelola oleh manajer investasi yang kredibel dan dialokasikan ke berbagai produk pilihan seperti investasi reksa dana saham, obligasi, reksa dana pasar uang, reksa dana campuran dan sebagainya. Karena pengelolaannya yang dilakukan oleh manajer investasi inilah mengapa reksa dana ideal dipilih oleh investor pemula yang masih awam dengan dunia investasi secara umum.

Tidak berhenti sampai di situ, investasi reksa dana juga mempunyai jangka waktu yang fleksibel dan bisa disesuaikan kebutuhan investor. Dengan tingkat risiko yang relatif kecil, reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan investasi terbaik yang bisa dipilih oleh anak muda atau investor berpengalaman sekalipun.

3. Deposito

Deposito adalah produk investasi yang telah lama ditawarkan oleh perusahaan perbankan kepada masyarakat. Dengan tingkat risiko sangat kecil, deposito bisa menjadi alternatif bagi anak muda yang baru pertama kali berinvestasi. Meski begitu, tingkat keuntungan yang bisa diberikan instrumen ini terbilang cukup menjanjikan, antara 7 sampai 8 persen per tahun.

Terkait cara kerjanya sendiri, Anda hanya perlu membuka rekening deposito di bank dan memasukkan dana dengan nominal tertentu. Dana tersebut kemudian akan dibiarkan mengendap selama kurun waktu yang telah disetujui oleh kedua belah pihak, baik itu, 1 bulan, 6 bulan, hingga 2 tahun. 

Namun, perlu diperhatikan jika dana yang tersimpan dalam deposito tersebut tidak boleh dicairkan sebelum waktunya agar tak dikenai sanksi denda yang malah bisa merugikan investor.

4. Asuransi

Disadari atau tidak, investasi adalah salah satu bentuk investasi yang penting untuk didapatkan oleh semua orang, termasuk generasi muda. Dengan memiliki asuransi, Anda akan terlindung dari berbagai macam masalah finansial yang mungkin terjadi di masa depan, misalnya, akibat masalah kesehatan, kecelakaan, atau kematian.

Investasi asuransi pada usia muda juga jauh lebih menguntungkan ketimbang saat sudah menginjak usia tua. Beberapa keuntungan menyiapkan asuransi sedini mungkin adalah biaya premi yang lebih terjangkau, manfaat perlindungan didapat lebih cepat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Investasi Properti

Jika mempunyai uang dingin dalam jumlah yang besar, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba investasi properti. Walaupun membutuhkan modal yang tidak sedikit, investasi properti mampu memberikan peluang keuntungan yang menggiurkan karena nilainya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. 

Jadi, jika membutuhkan alternatif investasi jangka panjang, investasi properti ini bisa menjadi opsi terbaik untuk dipilih. 

Tetap Waspada dan Perhatikan Kredibilitas Layanan Investasi yang Dipilih

Investasi adalah salah satu aktivitas yang mampu menuntun dalam meraih kondisi keuangan yang kondusif serta mencapai tujuan finansial dengan lebih optimal. Namun, terlepas dari produk investasi apa yang dipilih, pastikan untuk selalu memperhatikan kredibilitas layanannya. Barulah dengan begitu Anda bisa terjamin tidak akan terjebak investasi bodong. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]