Memberi Wakaf Kini Semakin Mudah Dengan Wakaf Uang

Memberi Wakaf Kini Semakin Mudah Dengan Wakaf Uang

Memberi Wakaf Kini Semakin Mudah Dengan Wakaf Uang
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia K. H. Ma’ruf Amin mengungkapkan, pelaksanaan wakaf saat ini sudah semakin mudah untuk dilakukan melalui wakaf uang. Kini, wakaf tidak terbatas oleh benda tidak bergerak tetapi juga bisa dilakukan melalui benda yang lebih produktif dan memiliki nilai ekonomi.

Wapres mencontohkan salah satu aksi wakaf uang yang sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebelumnya adalah pembelian pesawat pertama Presiden RI oleh masyarakat Aceh. Aksi ini kemudian menjadi cikal bakal berdirinya maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia.

“Dalam rangka memperoleh kemanfaatan wakaf yang lebih besar, praktek wakaf mulai bergeser yang mulanya hanya pada harta benda tidak bergerak, kini wakaf bisa dilakukan melalui benda yang lebih produktif dan bernilai ekonomi dan memudahkan siapa saja untuk berwakaf,” ujar Ma’ruf Amin pada sambutan virtualnya, Jumat, 13 Agustus 2021.

Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) sebelumnya sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 Januari 2021 lalu. Badan Wakaf Indonesia menyampaikan bahwa potensi keuangan wakaf nasional bisa mencapai angka Rp180 triliun per tahun.

Untuk semakin mendorong gerakan wakaf, Wapres mengungkapkan 3 hal utama yang perlu diperhatikan. Pertama adalah peningkatan literasi wakaf pada masyarakat. Kedua adalah digitalisasi pengelolaan wakaf. Ketiga adalah peningkatan SDM berkompeten di bidang wakaf. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]