Membangun Ekosistem Pembayaran Digital Menyongsong BI-Fast

Membangun Ekosistem Pembayaran Digital Menyongsong BI-Fast

Membangun Ekosistem Pembayaran Digital Menyongsong BI-Fast
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Oleh Nugraha Santosa, CEO PT Anabatic Digital Raya

BEBERAPA tahun terakhir dunia perbankan dan keuangan ramai membahas dan mengantisipasi penerapan standar baru sistem pembayaran, yaitu ISO20022  (menggantikan protokol ISO 8583) yang merupakan de facto standar internasional untuk protokol pembayaran antar-institusi keuangan. Swift memperkirakan 87% transaksi akan bermigrasi ke ISO20022 pada 2023.

Penerapan protokol ISO20022 yang mendukung format XML ini akan memberikan keuntungan utama, yakni meningkatkan interoperabilitas antar-institusi keuangan. Keuntungan lainnya yaitu meningkatkan efisiensi transaksi, tersedia 24 jam, validasi, notifikasi, dan penyelesaian secara real time, memudahkan rekonsiliasi dan melakukan payment automation, serta menyediakan keamanan yang lebih baik terhadap fraud detection/anti money laundering (AML).

Menyikapi perkembangan tersebut, Bank Indonesia (BI) mengeluarkan kebijakan BI Fast Payment (BI-Fast) yang merupakan infrastruktur sistem pembayaran nasional yang dipersiapkan untuk menggantikan metode pengiriman uang melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan merupakan bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI 2025).

Implementasi BI-Fast akan meningkatkan interoperasi bank dan institusi keuangan. Dengan BI-Fast, akan tercipta ekosistem keuangan digital, kolaborasi antar-institusi keuangan meningkat: antarbank atau bank dengan institusi keuangan nonbank, e-commerce, marketplace, fintech, yang tersedia 24 jam secara real time, melalui Open API (Application Programming Interface).

Target implementasi BI-Fast fase 1 adalah akhir 2021 dan 2022 akan masuk ke ISO20022 untuk SWIFT dan 2023 BI RTGS.

Bagi perbankan dan institusi keuangan, implementasi protokol baru sistem pembayaran ISO20022 melalui BI-Fast ini bisa dijadikan momentum untuk melakukan transformasi infrastruktur pembayaran mengantisipasi perubahan pasar dengan model new economy/digital economy.

Transformasi sistem pembayaran ini menyangkut empat aspek bisnis. Satu, compliance: memenuhi standar sistem pembayaran baru. Dua, ecosystem: membangun sistem pembayaran baru yang memfasilitasi pembangunan ekosistem bisnis, bank, nonbank, e-commerce, fintech, UMKM. Tiga, agility: membangun agility mengantisipasi perubahan pasar dan persaingan yang sangat cepat. Empat, services: tersedia sistem pembayaran 24 jam, TPS (transaction per second) standar, memudahkan pembangunan bisnis baru atau bisnis model baru.

PT Anabatic Digital Raya (ADR) sebagai penyedia solusi perbankan yang menyeluruh memberikan tiga pilihan solusi bagi perbankan menanggapi BI-Fast. Satu, reformasi total sistem pembayaran: melakukan perombakan total dengan teknologi platform terbaru untuk sistem seluruh skema pembayaran, yakni transfer domestik, pembayaran internasional, batch processing, instant & real time payment mencakup SKN, TT, dan RTGS. Opsi ini memberikan solusi menyeluruh dan men-transform infrastruktur pembayaran, namun diperlukan biaya besar dan waktu cukup panjang.

Dua, mediasi: melakukan optimalisasi terhadap sistem yang ada dengan memanfaatkan super middleware yang akan melakukan mediasi antara sistem lama dan BI-Fast. Opsi ini memberikan solusi medium dengan memanfaatkan sistem lama, melakukan konversi dan orkestrasi antarsistem pembayaran yang terkait. Tiga, konverter: menyediakan konverter yang akan mengonversi dari sistem lama ke sistem BI-Fast. Opsi ini paling sederhana dan secara relatif biayanya ekonomis dan waktu implementasinya cukup cepat, namun tidak ada unsur transformasi.

Untuk mengimplementasikan ketiga pilihan solusi perbankan tersebut, PT ADR berkolaborasi dengan PT IBM Indonesia, perusahaan teknologi global terdepan, yang memiliki solusi hybrid cloud, AI, dan security untuk mendukung kebutuhan infrastruktur teknologi informasi yang andal, scalable, terukur, dan ekonomis.

Untuk mwngetahui informasi terkait BI Fast, ikuti Webinar dengan topik pembahasan “Membangun Ekosistem Sistem Pembayaran Digital Menyongsong BI Fast” yang akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Selasa, 03 Agustus 2021
Jam : 10:00 – 12:00 WIB
Platform : Zoom Meeting

*Pendaftaran*
Link : https://bit.ly/WebinarIDIAAnabaticIBM
Rabitha : 087886050808 (WhatsApp – https://wa.me/6287886050808)
Risca : 081317461393 (WhatsApp – https://wa.me/6281317461393). (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]