Pasar Modal

Melantai di Bursa, Trimegah Bangun Persada (NCKL) Raup Dana Rp9,99 T

Jakarta – PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) sebagai perusahaan pertambangan dan hilirisasi nikel terintegrasi, pada hari ini (12/4) resmi melantai di bursa efek Indonesia (BEI) dan berhasil meraup dana sebesar Rp9,99 triliun.

Pada penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) sebelumnya, NCKL menawarkan sebanyak 7,99 miliar saham dengan nominal Rp100 per saham atau setara dengan 12,67% dari modal ditempatkan dan disetor penuh, serta harga final yang ditetapkan menjadi Rp1.250 per saham.

Presiden Direktur NCKL, Roy A. Arfandy, mengatakan bahwa perusahaan juga mengalokasikan sekitar 35 juta saham untuk program alokasi saham kepada karyawan dan pada saat IPO saham NCKL juga mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih terhadap tingginya antusiasme investor terhadap IPO NCKL, terjadinya oversubscribed merupakan wujud nyata kepercayaan yang diberikan oleh investor terhadap prospek cerah industri nikel,” ucap Roy dalam keterangan resmi di Jakarta, 12 April 2023.

Lebih lanjut Roy menjelaskan, bahwa dana yang diperoleh tersebut rencananya akan digunakan perusahaan untuk keperluan entitas anak dan asosiasi yang akan disalurkan melalui modal dan pinjaman sebesar 50,4%.

Sementara itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk melakukan pembayaran utang sebesar lebih dari 40% dan sisanya untuk belanja modal dan modal kerja.

Adapun, hingga saat ini perusahaan telah memiliki dan mengoperasikan dua proyek pertambangan nikel laterit aktif, yaitu seluas 4.247 hektare di Kawasi dan 1.277 hektare di Loji yang keduanya terletak di Pulau Obi, Provinsi Maluku Utara. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

6 mins ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

1 hour ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

1 hour ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

3 hours ago

IHSG Berpotensi Melemah Setelah Reli 5 Hari

Jakarta - BNI Sekuritas menyoroti pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

3 hours ago

Solo International Art Camp 2024, Seni yang Menghubungkan Dunia

Solo - Solo International Art Camp (SIAC) 2024 kembali lagi. Event yang digelar pada 17-24… Read More

3 hours ago