Perbankan

Melalui Program ‘Menarik’ Ini, Bank Mega Bantu Renovasi Sekolah di RI

Jakarta – PT Bank Mega Tbk terus berupa mendukung pendidikan anak-anak Indonesia melalui produk Tabungan Mega Berbagi. Menariknya, produk satu ini mengajak nasabah menabung sekaligus beramal dan berbagi melalui pembangunan sarana dan prasarana sekolah. 

Wakil Direktur Utama PT Bank Mega Diza larentie mengatakan, dengan menyisihkan minimum 1 persen dari suku bunga yang diterima dan tambahan 1 persen dari Bank Mega, maka nasabah serta Bank Mega secara bersama-sama telah beramal untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. 

Ia mengatakan, Tabungan Mega Berbagi menggunakan slogan #PatunganMimpi, yang bermakna kumpulan dana donasi tersebut digunakan untuk mengembalikan setiap impian besar anak-anak Indonesia di masa depan. 

“Pendidikan menjadi fokus utama pada penyaluran donasi Tabungan Mega Berbagi, karena kami meyakini pendidikan yang baik akan menjadi kunci bagi kemajuan suatu bangsa yang dapat membebaskan generasi penerus dari belenggu kebodohan dan kemiskinan, serta memutus mata rantai kemiskinan,” katanya, dikutip Senin, 14 Oktober 2024.

Lanjutnya, melalui Tabungan Mega Berbagi pula, pihaknya memberikan donasi untuk renovasi sekolah yang bangunannya kurang layak. 

Baca juga : Cara Bank Mega Syariah Optimalkan Potensi Dana Haji dan Umrah

Salah satunya, SMP dan SMA YPPI Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Di mana, bantuan tersebut meliputi 13 ruang kelas, Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, Ruang UKS, Perpustakaan, Gudang, Ruang Guru dan Tata Usaha, dengan total nilai bantuan mencapai Rp1,62 miliar. 

“Dengan adanya perbaikan ini, diharapkan proses belajar mengajar dapat berjalan lebih optimal di lingkungan yang lebih nyaman,” jelasnya usai kunjungan ke sekolah tersebut.

Pihaknya pun merasa bahagia dan bersyukur lantaran melakukan renovasi gedung SMP dan SMA YPPI Baleendah ini berkat peran serta para nasabah Tabungan Mega Berbagi. 

“Harapan kami, dengan kondisi sekolah yang jauh lebih baik dari sebelumnya, maka para siswa akan lebih terpacu dalam menuntut ilmu sehingga dapat membawa para siswa dalam menggapai cita-cita mereka serta menjadi pemimpin bangsa yang berasal dari Baleendah”, terangnya.

Ketua Yayasan SMP & SMA YPPI Baleendah, Dadang Sp.d. menuturkan, di tengah upaya pihak yayasan mencari dana untuk memperbaiki kondisi sekolah yang sudah kurang layak ini, bantuan yang diberikan melalui Tabungan Mega Berbagi menjadi air sejuk ditengah dahaga yang dirasakan pengurus yayasan. 

Menurutnya, banyaknya murid yang masih memerlukan pendidikan yang layak di daerah ini ini mendorong yayasan untuk selalu meningkatkan kualitas sekolah. 

Selain itu, dukungan ini juga memungkinkan sekolah untuk memperluas kegiatan ekstrakurikuler, sehingga dapat mengembangkan potensi peserta didik dengan lebih baik. 

“Terima kasih kepada Bank Mega yang telah memberikan bantuan kepada kami sehingga sarana belajar dan mengajar menjadi jauh lebih baik. Sebelumnya bangunan sekolah yang kami tempati jauh dari kata layak,” akunya.

Baca juga : Gandeng MAMI, Bank Mega Syariah Tawarkan 6 Reksa Dana Syariah

Ia membeberkan, kondisi sekolah yang telah baru kembali dan lengkap dengan sarana penunjang lainnya membuat peserta didik dan tenaga pengajar fokus pada proses belajar mengajar. 

Tidak hanya itu, pihak sekolah optimis dengan kondisi saat ini sekolah dapat melanjutkan proses akreditasi ke tahap selanjutnya, sehingga mampu mengantarkan mereka untuk meraih apapun yang menjadi cita-cita mereka.

Nasabah Bank Mega KC Bandung, Anna Mariana mengungkapkan rasa bangganya karena dengan menabung di Bank Mega dapat berperan serta dalam mengembalikan mimpi anak bangsa yg sempat terancam terputus. 

“Kalau saya melakukan sendiri, dampaknya tidak sebesar ini. Melalui Tabungan Mega Berbagi, kita beramal tetapi jumlah tabungan tidak berkurang,” akunya.

Selain melakukan renovasi Pembangunan sekolah, Bank Mega juga bekerjasama dengan CT ARSA Foundation mengadakan program Pijar atau Pintar Mengajar, yakni berupa kegiatan pengiriman relawan guru muda ke pelosok negeri selama satu tahun, guna memastikan proses belajar mengajar juga dapat dirasakan oleh anak-anak yang berada di daerah terluar Indonesia. 

Hingga saat ini, Bank Mega melalui Tabungan Mega Berbagi telah memberikan bantuan pembangunan kembali kepada 84 sekolah yang membutuhkan di seluruh Indonesia, dimana 6 sekolah diantaranya masih dalam proses penyelesaian. 

Dari total sekolah yang telah memperoleh bantuan, tercatat 12 sekolah yang berada di bawah koordinasi Regional Bank Mega Bandung, seperti Cirebon, Lembang, Subang, Garut, Tasikmalaya. (*)

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Mengenal Sosok Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Calon Menteri Kabinet Prabowo

Jakarta - Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turut dipanggil Presiden Terpilih… Read More

4 mins ago

Siap Gabung Kabinet Prabowo-Gibran, Erick Thohir: Amanah Ini akan Saya Jalankan Sebaik Mungkin

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menjadi salah satu tokoh yang… Read More

17 mins ago

Inilah Daftar Nama Calon Menteri yang Dipanggil Presiden Terpilih Prabowo

Jakarta - Sederet ketua umum partai, pengusaha, hingga menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipanggil… Read More

48 mins ago

Masuk Kabinet Prabowo, Airlangga: Penugasan Sesuai Bidang Selama Ini Saya Geluti

Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto ke kediamannya di Jalan… Read More

2 hours ago

Dipanggil Prabowo, Sri Mulyani Diminta Kembali jadi Menteri Keuangan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya menyambangi kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara,… Read More

2 hours ago

OJK Tekankan Pentingnya Stabilitas Sistem Keuangan yang Kuat dan Inklusif

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menekankan bahwa sektor jasa keuangan sebagai bagian dari sistem… Read More

3 hours ago