Mekar Id Ajak Perusahaan Lakukan CSR Yang Produktif

Mekar Id Ajak Perusahaan Lakukan CSR Yang Produktif

Investor Institusi di Mekar Nikmati Kemudahan Berinvestasi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) kini memiliki program yang makin beragram. Dulu, program CSR lebih kepada memberikan bantuan secara “gratis” kepada masyarakat lalu selesai. Tetapi kini, kegiatan mulai berkembang kepada program yang memiliki usia yang berkelanjutan.

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang menganggap kegiatan CSR hanya sebagai sebuah kegiatan pelengkap. Tak jarang, perusahaan hanya menyisihkan dana dari anggaran yang tersisa untuk disumbangkan kepada masyarakat setempat atau membangun sebuah tugu di lingkungan atau kota tempat perusahaan berlokasi, lalu mereka menganggap tugas CSR mereka telah selesai.

Kegiatan CSR sejatinya, jika dikonsep dengan lebih serus, bisa menjadi suatu kegiatan yang bermanfaat bagi mereka yang menjadi penerimanya. Misalnya, bagaimana sumbangan uang ataupun kegiatan amal yang dilakukan dapat memiliki efek jangka panjang bagi perekonomian masyarakat.

Memang, membagi-bagi uang tunai mungkin dapat membantu rakyat miskin, namun skema amal semacam ini kebanyakan hanya berhasil jika pembagiannya dilakukan secara reguler — misalnya, setiap bulan. Sedangkan, sebuah perusahaan biasanya hanya melakukan CSR satu atau dua kali dalam setahun, sehingga sangat sulit untuk melihat dampak sosial yang besar dan nyata dari skema CSR semacam ini.

Mekar Id, platform pinjaman peer to peer menawarkan cara baru dalam melakukan CSR. Program ini tidak hanya menawarkan manfaat yang lebih berkelanjutan tetapi juga bisa berdampak besar bagi kehidupan masyarakat. Lalu bagaimana skemanya?

Sebagai salah satu inovator terdepan di kancah FinTech Indonesia, Mekar, memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan para investor (termasuk perusahaan) dengan pelaku usaha kecil dari berbagai daerah di Indonesia. Perusahaan manapun dapat menghubungi Mekar atau cukup mendaftar di website Mekar, mekar.id, dan mengalihkan dana CSR mereka untuk berinvestasi di ratusan pinjaman usaha kecil yang tersedia di platform Mekar.

Saat ini, Mekar sudah bermitra dengan koperasi-koperasi simpan pinjam yang beroperasi di banyak pedesaan. Koperasi-koperasi ini memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam pengelolaan pinjaman dan pemberdayaan usaha-usaha kecil di Indonesia. Mekar juga bekerja sama dengan koperasi-koperasi ini untuk menseleksi para peminjam agar hanya mereka yang usahanya dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya yang bisa mendapatkan pinjaman melalui Mekar.

Bersama Mekar, beragam kegiatan yang dilakukan dalam rangka CSR memiliki berbagai manfaat, diantaranya, meningkatkan akses pembiayaan bagi rakyat miskin agar mereka dapat membuka dan mengembangkan usahanya. Selain itu, kegiatan ini juga membantu masyarakat miskin di pedesaan dengan pembiayaan yang mereka butuhkan untuk membangun fasilitas sanitasi yang layak.

Skema yang ditawarkan Mekar dalam rangka memaksimalkan dana CSR perusahaan sangat mudah, dan memiliki banyak keunggulan, yakni, satu, memanfaatkan anggaran CSR perusahaan dengan baik. Skema yang ditawarkan Mekar dapat membantu perusahaan untuk mengalokasikan dana CSR untuk membantu pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia. (Dapatkan Hasil Lebih Di Setiap Investasi Anda).

Kedua, branding positif bagi perusahaan. Bersama Mekar, kegiatan CSR yang dilakukan dapat di publikasikan oleh Mekar di website perusahaan. Selain itu, Mekar juga akan mengkampanyekan kegiatan tersebut di website Mekar.

Ketiga, tepat sasaran: Perusahaan dapat memilih untuk berinvestasi pada sebagian peminjam terpilih saja. Misalnya, jika tujuan CSR perusahaan adalah pemberdayaan petani, perusahaan dapat memilih untuk berinvestasi hanya pada peminjam yang usahanya bergerak di sektor pertanian.

Keempat, transparan: Setiap investasi dikelola secara profesional dan keseluruhan prosesnya sangat transparan, sehingga setiap investor tahu secara pasti kepada siapa uang mereka disalurkan dan digunakan untuk keperluan apa.

Nah, tunggu apalagi, optimalkan pengelolaan dana CSR perusahaan, dan hubungi Mekar Id.

 

Related Posts

One Comment

  1. Aidon kasmir

    Sy pingin buka usaha depot air galon isi ulang,bisa modalin gak

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]