Nasional

May Day, 50 Ribu Buruh Gelar Demo di Patung Kuda

Jakarta – Ribuan masa yang tergabung dari berbagai organisasi buruh mengelar aksi demontrasi di sekitaran Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2023).

Mereka melakukan orasi, baik dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), hingga Partai Buruh.

Aksi demontrasi yang awalnya direncanakan di depan Istana Negara dan Mahkamah Konstitusi batal dilakukan lantaran tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

Koordinator Demontrasi Said Iqbal mengatakan, ada sekitar 50 ribu buruh yang menggelar peringatan Hari Buruh di Jakarta. Selain menggelar aksi orasi di Jakarta, perigatan May Day sendiri serentak dilakukan di pelbagai kota di Indonesia.

“Khusus di Jakarta, setelah melakukan aksi di Istana dan MK, buruh akan mengikuti May Day Fiesta di Istora Senayan,” kata Iqbal.

Menurutnya, dalam aksi demontrasi kali ini para buruh menyampaikan enam tuntutan kepada pemerintah antara lain pencabutan Omnibus Law UU No 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja, Tolak RUU Kesehatan, dan Pilih Capres 2024 yang Pro Buruh dan Kelas Pekerja.

“HOSTUM atau hapus outsourcing tolak upah murah dan menegaskan pemilihan capres yang pro buruh dan kelas pekerja,” jelasnya.

Selanjutnya, para buruh akan bergerak ke acara May Day berikutnya yang akan dilakukan di Istora Senayan, Jakarta Selatan.

Sementara itu, dalam laman resmi @tmcpoldametro, Polri Dit Lantas melakukan penutupan dan pengalihan arus sementara lalu lintas yang menuju Jl. Medan Merdeka Selatan dan Utara dalam rangka pengamanan Hari Buruh Dunia.

Tak hanya di lokasi tersebut, pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan di berbagai titik. Masyarakat pun dihimbau untuk menghindari sejumlah ruas jalan di Ibu Kota.

“Di himbau kepada masyarakat untuk menghindari seputaran Jl. Gatot Subroto dan depan Gedung MPR/ DPR dikarenakan ada aksi peringatan May Day,”  tulis @tmcpoldametro.

Selain itu, arus lalu lintas dari Semangi arah Slipi dialihkan sementara melalui Jl. Gerbang Pemuda, Senaya.

Sedangkan arus lalu linta Tol Dalam Kota dari Cawang aah Grogol atau Bandara dan Tangerang terpantau ramai lancar. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

32 mins ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

3 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

3 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

3 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pecinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

4 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

18 hours ago