Keuangan

Mata Uang Iran Anjlok ke Rekor Terendah, Nilainya Jadi Segini

Jakarta – Nilai mata uang Rial Iran terhadap dollar Amerika Serikat (AS) anjlok ke rekor terendah pada Minggu (24/3), yakni 613.500 rial per dolar AS.

Hal ini terjadi seiring perayaan Tahun Baru Persia. Sebelumnya, pada Senin (18/3), harga satu dolar Amerika setara dengan 590.000 rial.

Dinukil laman VOA Indonesia, kondisi tersebut membuat warga Iran berbondong-bondong menukarkan rial mereka dengan mata uang asing di pusat utama toko-toko penukaran mata uang di Jalan Ferdowsi.

Sayangnya, sebagian besar toko-toko tersebut tutup lantaran libur Nowruz, yang berlangsung dari tanggal 20 Maret hingga 2 April.

Baca juga : Daftar Terbaru 10 Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Nomor Berapa?

Mojtaba (49), terkejut karena nilai rial turun sekitar 5% dibandingkan dengan enam hari terakhir. Diketahui, banyak warga Iran melihat tabungan mereka menguap karena depresiasi nilai mata uang lokal. 

Pada Senin (25/3), nilainya sekitar 5% dari nilai mata uang tersebut pada tahun 2015, ketika Iran menandatangani perjanjian nuklir dengan negara-negara adidaya.

Sejak saat itu, nilai rial anjlok dari 32.000 rial per dolar Amerika menjadi ratusan ribu. Pada Februari 2023, mata uang ini sempat mencapai titik terendah 600.000 rial terhadap dolar, dan sejak saat itu tidak pernah naik di atas 439.000.

Pusat Statistik pemerintah mengatakan tingkat inflasi Iran pada Februari 2024 mencapai 42,5%. Tetapi, Bank Sentral Iran mengatakan tingkat inflasi lebih dari 46%. Tidak ada penjelasan untuk perbedaan tersebut.

Baca juga : BRICS Buat Mata Uang Anyar, Nasib Dolar AS Tergeser?

Jatuhnya nilai mata uang Rial terhadap dollar tak terlepas dari hubungan Iran dengan Barat yang berada pada titik terendah sejak Presiden AS Donald Trump .

Trump meninggalkan kesepakatan yang menyerukan agar negara itu mengakhiri program nuklirnya, dengan imbalan akses ke dana yang dibekukan dan manfaat lainnya.

Adapun, Presiden AS Joe Biden mengatakan, pihaknya bersedia memulihkan kesepakatan nuklir dengan Iran. Akan tetapi, pembicaraan formal untuk mencoba menemukan peta jalan guna memulai kembali kesepakatan tersebut terhenti pada Agustus 2022.

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

13 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

14 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

14 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

14 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

15 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

16 hours ago